Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Iklan Berbahaya bagi Masyarakat

www.marketing.co.id – Iklan ada di mana-mana dan di sekitar kita hampir setiap saat dan waktu. Mulai dari televisi, koran, internet, majalah, baliho, dll. Sebagai akibatnya, perlu adanya peraturan yang mengatur mengenai iklan agar pesan yang disampaikan tidak berkesan serampangan dan memberikan efek negatif kepada masyarakat.

Dalam berbagai diskusi dan opini, efek-efek negatif iklan yang dimaksud antara lain:

Iklan dapat memberikan pesan yang salah kepada masyarakat. Dikatakan bahwa tujuan utama iklan adalah membujuk para calon pelanggan untuk melakukan pembelian barang. Kadang kala, banyak orang pada akhirnya membelanjakan uangnya pada level membuang-buang uang karena mengira mereka membutuhkan suatu produk, padahal sekedar menginginkan karena tertipu pesan salah yang ditekankan oleh iklan.

Iklan dapat menjadi hal berbahaya bagi masyarakat. Iklan membuat seseorang menginginkan hal yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Hal ini pada akhirnya dapat menggiring ke sifat materialistis, egois atau membuat seseorang merasa inferior atau tidak puas dengan dirinya sendiri saat tidak memiliki atau menggunakan suatu produk.

Iklan dapat memberikan efek sangat buruk kepada anak-anak. Anak-anak tidak mengetahui jika tujuan iklan adalah untuk menjual suatu barang atau jasa. Jadi, anak-anak melihat iklan dan dapat diyakinkan dengan mudah bahwa apa yang mereka lihat di iklan adalah apa yang mereka inginkan. Iklan membuat produk-produk yang ditawarkan terlihat menarik dan merupakan idaman.

Terhadap tiga opini di atas, saya menyatakan bahwa hal-hal tersebut terjadi saat tidak ada regulasi dan implementasi regulasi yang konsisten dan tegas. Iklan yang sejati memenuhi kategori-kategori berikut:

  1. Memiliki segmentasi konsumen yang sangat tajam dari sisi geografi, demografi dan psikografi
  2. Karena adanya pemilihan segmentasi konsumen yang tajam, maka iklan akan dilakukan secara langsung kepada konsumen yang memang benar-benar memiliki kebutuhan terhadap produk yang diiklankan.

Pada intinya, pembuatan dan penerapan regulasi yang mengatur iklan mulai dari pembuatan hingga penyampaian di masyarakat memang sangat penting dan sangat diperlukan. Hal ini diperlukan karena iklan sudah menjadi hal umum dalam kehidupan kita dan karenanya, para pengiklan juga harus berhati-hati dengan hal yang mereka iklankan dan memastikan bahwa semua proses produksi hingga penyampaian iklan benar-benar memenuhi ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan. (Andika Priyandana – Dosen Pemasaran di Prasetiya Mulya Business School)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top