Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Iklan Apple Sukses Kalahkan Nike dan GE di Emmy Award 2014

AppleEmmyJika selama ini iklan Apple cenderung menonjolkan adegan kecanggihan fitur-fitur perangkatnya, maka iklan Apple di penghujung tahun 2013 yang berjudul “Misunderstood” agak berbeda. Iklan ini fokus pada seorang bocah yang berlibur ke rumah kakek-neneknya bersama keluarga besarnya untuk merayakan natal.

Dalam iklan ini bocah lelaki ini digambarkan lekat dengan gadget iPhone S5-nya. Jika saudara-saudaranya bermain ice skating, membuat bola salju, menghias pohon natal, dan bersenda gurau, si bocah lelaki hanya sesekali berinteraksi dengan mereka lalu sibuk kembali dengan iPhone-nya.

Adegan seperti ini mungkin sudah tak asing lagi dalam keseharian kita. Kenyataannya, mungkin sebagian besar porsi waktu kita habis untuk berinteraksi dengan layar smartphone, tablet, dan komputer.

Tapi, jangan salah paham dulu, bukan adegan seperti itu yang ingin ditampilkan Apple dalam iklannya. Menjelang akhir durasi iklan, si bocah justru memberikan kejutan kepada keluarga besarnya dengan menampilkan rekaman aktivitas keluarga Harris selama berlibur.

Ternyata, selama ini si bocah lelaki merekam berbagai aktivitas liburan keluarganya dengan iPhone-nya. Tentu saja gambar hasil rekaman terlihat sharp dan cerah berkat iPhone S5.

Melalui iklan ini Apple ingin menyampaikan pesan bahwa pengguna bisa menggunakan teknologi untuk berpartisipasi mempererat hubungan emosional antar individu, bukan justru sebaliknya seperti yang kita lihat dalam keseharian.

Iklan Apple yang emosional ini dibuat oleh TBWA\Media Arts Lab dan disutradarai oleh Lance Acord dari Park Pictures. “Misunderstood” meraih penghargaan Best Commercial 2014 dari Creative Arts Emmy Award – Emmy Awards yang dipersembahkan untuk guest performers pada drama TV dan komedi, pekerja seni dan pengrajin di belakang layar TV.

Periklanan dan pemasaran Apple mendapatkan banyak kritikan dalam beberapa tahun terakhir karena ratingnya yang cenderung rendah dan kurang viral dibanding iklan-iklan Samsung. Namun, kemenangan ini menandakan pendekatan iklan Apple dengan fokus menampilkan kapabilitas produk bersamaan dengan cerita yang menyentuh bisa membalikkan kritik-kritik tersebut.

“Misunderstood” sukses mengalahkan beberapa iklan dari merek ternama lainnya, seperti “Possibilities” Nike dan “Childlike Imagination” GE. Bagaimana iklan Apple ini menurut Anda?

(Berbagai sumber)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top