Marketing.co.id – Gelaran kompetisi Indonesia Games Championship (IGC) 2020 yang dihadirkan Telkomsel melalui Dunia Games telah diikuti 31.442 peserta/penggiat mobile game yang tersebar dari seluruh wilayah di Indonesia. Melalui gelaran tersebut, Dunia Games berkomitmen untuk mengembangkan industri mobile gaming yang positif, salah satunya diwujudkan dengan penguatan ekosistem esport di Indonesia, termasuk membuka kesempatan bagi penggiat mobile game dalam mengakselerasikan kemampuan dan mempererat hubungan komunitas hingga pelosok negeri.
General Manager Games and Publishing Telkomsel Auliya Ilman Fadli mengatakan, Telkomsel terus memaksimalkan perannya sebagai society enabler dengan memaksimalkan aset digital perusahaan untuk menghubungkan komunitas dalam ekosistem esport di Indonesia melalui Dunia Games.
Lebih Auliya mengatakan, beradaptasi dengan kenormalan baru di masa pandemi ini, Dunia Games berkolaborasi dengan Garena dalam merancang agar kompetisi IGC 2020 tetap dapat diselenggarakan secara online.
Baca juga: Tim DG Esports Wakili Indonesia di Kompetisi e-Master Chengdu 2020
“Hal ini dimaksudkan agar Dunia Games tetap dapat mengakselerasikan perkembangan ekosistem esport secara utuh, sekaligus mendorong para penggiat di dalamnya agar termotivasi untuk terus bergerak maju dalam berkarya dan berkontribusi positif terhadap kemajuan ekosistem esport di Indonesia dalam segala situasi dan kondisi.”
Business Development – Esports Manager Garena Indonesia Wijaya Nugroho mengatakan, dari tahun ke tahun pertumbuhan gaming dan Esports di Indonesia sangat luar biasa. Antusias dari ekosistem gaming dan Esports di Indonesia tak terbendung, Maka dari itu, ekosistem gaming dan Esports perlu berkolaborasi untuk menjaga pertumbuhan ekosistem esports di Indonesia.
“Garena telah menjalani sejumlah kerja sama strategis bersama Telkomsel dan Dunia Games, salah satunya dengan menggelar kompetisi Indonesia Games Championship 2020 dan Dunia Games Golden Ticket FFIM 2019. Kami akan sangat senang dapat memperluas lingkup kolaborasi kami dengan Telkomsel dan Dunia Games supaya dapat bersama-sama memajukan ekosistem esports di Indonesia.”
Sejak bergulir pada Mei 2020 lalu, penyelenggaraan IGC 2020 menjadi sangat istimewa, karena walaupun terselenggara di tengah situasi darurat pandemi, kompetisi ini justru mampu menjaring lebih banyak peserta dibandingkan dengan penyelenggaraan pada dua edisi sebelumnya.
Jumlah peserta IGC 2020 tercatat meningkat sebesar 51% dibandingkan dengan IGC 2019, dan sekitar 190% jika dibandingkan dengan awal penyelenggaraannya pada tahun 2018. Hingga saat ini, secara keseluruhan sekitar 31.442 peserta yang terbagi menjadi 7.234 tim telah berpartisipasi dalama gelaran IGC 2020, dimana lebih dari 1.200 diantaranya adalah peserta perempuan yang terbagi dalam 300 tim.
Baca: Lawan Stigma, Sherlin Tsu Buktikan Perempuan Bisa Jadi Gamer Profesional
Di samping itu, keikutsertaan peserta dalam IGC 2020 juga semakin meluas. Keseluruhan peserta berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia. Sebaran peserta IGC 2020 cukup merata di wilayah Kalimantan, Papua & Maluku, serta Bali & Nusa Tenggara yang masing-masing diwakili oleh lebih dari 350 tim atau sekitar 1.500 peserta. Sedangkan wilayah Sulawesi dan Sumatera masing-masing diwakili oleh sekitar 450 tim atau 1.900 peserta, dan 1.000 tim atau 4.300 peserta. Pulau Jawa tetap menjadi wilayah yang menyumbang jumlah peserta terbesar, yaitu sebanyak 2.191 tim atau 9.225 peserta.
“Tumbuhnya jumlah peserta, keikutsertaan peserta perempuan, serta meluasnya sebaran perwakilan peserta IGC 2020 dari berbagai wilayah di Indonesia ini semakin menambah optimisme Telkomsel dalam melanjutkan komitmen membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia,” lanjut Auliya.
IGC 2020 mempertandingkan empat game, yaitu League of Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor. Kompetisi ini telah memasuki babak kualifikasi nasional dan akan menggelar Grand Final pada akhir Agustus mendatang. Rangkaian kegiatan IGC 2020 yang diselenggarakan secara online dapat disaksikan di berbagai channel digital Dunia Games serta aplikasi MAXstream.
Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis