Identitas Merek dan Strategi Media Sosial

“Merek kami sudah global kok, jadi sepertinya tidak menggunakan media sosial dengan maksimalpun tidak mengapa.”

“Perusahaan kami hanya perusahaan lokal, jadi untuk apa menggunakan media sosial.”

identitas merek dan strategi media sosialJika Anda adalah orang yang mengamini salah satu pernyataan di atas, maka lebih baik ubahlah pola pikir Anda tersebut sebelum terlambat. Kini waktunya Anda memahami manfaat penting media sosial dan bagaimana memanfaatkannya secara maksimal.

Sebagai informasi kecil, fungsi media sosial adalah untuk lebih mendekatkan produk/jasa kepada khalayak, baik bagi mereka yang sudah mengenal produk/jasa Anda, maupun mereka yang belum mengetahuinya sama sekali.

Menurut PR News, konten adalah kunci dari media sosial yang baik. Kendati begitu, ternyata masih banyak yang sulit untuk memahaminya.

Jana Telfer, associate director for communication science for the National Center for Environmental Health CDC, rela berbagi tips, bagaimana CDC memanfaatkan konten di Twitter.

1.       Waktu postingan

Telfer menjelaskan, waktu nge-tweet bisa berbeda – beda, tergantung kebutuhan perusahaan dan fungsinya untuk khalayak.  Tapi biasanya, program kesehatan environmental health milik CDC, memposting rata – rata 3 tweet perhari.

Postingan yang terlalu banyak justu dinilai sangat mengganggu oleh para followers, kecuali bila memang ada kejadian tertentu. Jika Anda nge-tweet terlalu banyak, ada kemungkinan tweet – tweet Anda terkesan tidak menarik lagi, bahkan mungkin ada yang meng-unfollow.

“Ketika peristiwa seperti badai Sandy terjadi, kita mem-posting lebih sering dan mengikuti perkembangan dari kejadian tersebut. Sebaliknya, saat ada tragedi nasional, kita (hanya) mengirimkan pesan empati, dan berhenti posting sejenak, yakni dalam kurun waktu 24 jam,” ucap Telfer.

2.       Don’t do this

Twitter tak jauh berbeda dengan media komunikasi lain, maka Anda harus fokus pada mereka (audiens). Menghubungkan identitas merek dengan tren yang muncul akan sangat disarankan. Kecuali bila Anda artis ternama yang memang kesehariannya selalu ingin diketahui oleh publik.

Intinya adalah,

–          Jangan buat tweet konstan yang hanya berisi informasi perusahaan.

–          Pikirkan manfaat untuk audiens.

–          Jangan buat followers Anda bosan.

Meski Telfer hanya memberi dua tips, tapi itu adalah kunci penting bagi sebuah perusahaan dalam memanfaatkan sosial media.

 

Sumber : PRNewsOnline | Editor : Wachid Fz | Foto: SplashMedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.