Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Herbalife Ungkap Trik Mudah Menghitung Kebutuhan Protein Harian

Marketing.co.id – Berita Lifestyle I Umumnya, kebutuhan protein harian bagi masing-masing orang berbeda-beda – tergantung pada banyak faktor, seperti berat badan dan seberapa banyak otot yang dimiliki, bukan hanya dilihat dari faktor pria atau wanita. Terkait pentingnya mengetahui kebutuhan protein harian, Herbalife pun mengedukasi masyarakat akan pedoman dan kebutuhan protein tersebut.

Susan Herbalife

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman mengatakan, mungkin masyarakat tidak mengetahui hal tersebut apabila hanya melakukan pencarian sederhana terkait protein di internet saja. Kebanyakan orang makan lebih dari cukup protein untuk memenuhi kebutuhan mereka, atau bahwa kebutuhan protein wanita adalah “rata-rata” sekitar 46g/hari, dan rata-rata kebutuhan pria sekitar 56gr/hari.

“Namun perlu diingat, pedoman yang telah ditetapkan oleh Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine tersebut ditetapkan hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar protein untuk kebanyakan orang,” ujar dia.

Bagaimanapun, lanjut dia, setiap orang memiliki berbagai ukuran tubuh dan komposisi tubuh pun sangat bervariasi. Jadi masuk akal apabila kebutuhan protein tiap orang juga bisa sangat bervariasi. Salah satu pedoman dari Institute of Medicine adalah merekomendasikan agar makan 10-35% dari total kalori harian dari protein.

“Ada dua cara yang mudah menghitung kebutuhan protein, yakni perhitungan menggunakan massa tubuh dan perhitungan menggunakan berat badan,” papar dia.

Untuk metode pertama, dia menjelaskan, karena protein sangat penting untuk mempertahankan massa tubuh, maka jumlah protein yang disarankan untuk dikonsumsi disesuaikan dengan seberapa besar massa tubuh. Massa tubuh yang dimaksud adalah semua yang ada di tubuh, tidak termasuk lemak. Pengukuran komposisi tubuh ini dapat menggunakan timbangan rumahan yang sudah support hal ini.

Setelah diketahui massa tubuh tanpa lemak kita, maka dapat dihitung kebutuhan protein kita yaitu 0,5 hingga 1 gram protein per pon massa tubuh tanpa lemak. Jika menggunakan sistem metrik, itu berarti sekitar 1 hingga 2 gram protein per kilogram massa tubuh tanpa lemak.

Sedangkan untuk memperkirakan kebutuhan protein berdasarkan berat badan, bukanlah metode yang sempurna, karena tidak memperhitungkan berapa banyak massa otot yang dimiliki. Tetapi, setidaknya metode ini memperhitungkan perbedaan ukuran tubuh tiap orang. Adapun cara menghitung kebutuhan protein, yakni jika dalam pon maka kalikan berat badan dengan 0,7 2. Sedangkan dalam kilogram, dapat dikalikan berat badan dengan 1,5.

“Dengan menggunakan metode perhitungan tersebut, jumlah asupan protein yang disarankan akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang, dibanding menggunakan pedoman umum yang hanya berdasarkan jenis kelamin saja. Jika memiliki target kemampuan atletis tertentu seperti melakukan latihan kekuatan atau ketahanan, tentu saja kebutuhan protein mungkin berbeda,” ungkap Susan.

Sementara untuk cara menghitung jumlah protein dalam makanan, yang paling mudah adalah membuat perkiraan bahwa jumlah protein dalam makanan adalah 25g per porsi, dan jumlah protein dalam makanan ringan sekitar 10g per porsi.

Untuk tips dan rekomendasi utama untuk membantu memantau asupan protein, dia mengungkapkan, pastikan untuk membaca label nutrisi. Agar lebih akurat, timbang beberapa kali makanan berprotein yang disiapkan agar mengetahui jumlah protein dalam porsi yang biasa dimakan. Gunakan aplikasi untuk pemantauan harian.

“Jika membutuhkan lebih banyak protein, makanan pengganti atau protein shake, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi, dengan tambahan bubuk protein atau tambahan protein lain. Kemudian, jangan hanya fokus pada protein, keseimbangan diet secara keseluruhan juga penting. Jadi pastikan diet harian mencakup banyak karbohidrat sehat serta beberapa lemak baik,” imbuh Susan.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top