Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Herbalife Berbagi Tips Jaga Asupan Nutrisi Selama Ramadan

Marketing.co.id – Berita Lifestyle I Ramadan merupakan bulan suci dalam setahun dan puasa merupakan bagian penting dari bulan suci ini. Tetapi seperti yang diketahui, ada banyak pilihan makanan yang tersedia untuk berpuasa, namun penting juga untuk mempertimbangkan faktor sehat serta bergizi. Terkait itu, Herbalife Nutrition Indonesia pun menggelar buka bersama dengan media secara virtual sekaligus nutrition talk tentang pentingnya asupan nutrisi selama bulan Ramadan.

Herbalife

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan, bahwa dehidrasi dan lapar karena puasa, akan menyebabkan tubuh memperlambat metabolisme untuk mengurangi penggunaan energi seefisien mungkin. Namun, masih tetap dapat menikmati beribadah puasa dengan mendapat semangat Ramadhan secara utuh dengan kondisi tubuh sehat.

“Pastikan meminum air putih yang cukup dan memperhatikan asupan makanan saat makan sahur dan makanan yang disantap saat buka puasa. Untuk itu, kali ini kami kembali berbagi informasi terkait kesehatan dan nutrisi selama Ramadan,” kata Andam.

Dia menambahkan, salah satu tips dari Anggota dari Dewan Penasihat Nutrisi (Nutrition Advisory Board) Herbalife Nutrition Ismet Tamer, M.D.,. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kondisi tubuh selama puasa di bulan Ramadan, diantaranya memahami kebutuhan gizi. Selama bulan Ramadan, untuk memenuhi jumlah energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh pada siang hari, maka harus mengonsumsi makanan yang kaya protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral, dan harus minum cukup air.

Lebih lanjut, orang dewasa perlu minum 3 hingga 4 liter air sehari. Meski mendapatkan 40% jumlah ini dari makanan, jus buah, air mineral, teh, dan minuman lainnya, tetap harus minum 1,5 dan 2,5 liter air sehari. Artinya, harus minum dua atau tiga gelas air setiap jam dari buka puasa hingga sahur.

Lantas, sebaiknya sebelum matahari terbit atau imsyak, bisa mengonsumsi produk olahan susu dan sayuran segar seperti keju, telur, tomat, dan mentimun. Kombinasi ini memenuhi kebutuhan energi harian, vitamin dan protein tubuh. Selain buah-buahan, sebaiknya makan roti gandum utuh dan pasta atau bulgur gandum yang kaya akan karbohidrat dan serat, yang baik untuk sistem pencernaan.

Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia Aria Novitasari menambahkan, selain variasi makanan, ada juga porsi yang memainkan peran penting dalam nutrisi. Baiknya, memilih porsi yang lebih kecil dan makan dengan bijak. Termasuk juga perlu menghindari aktivitas sehari-hari yang dapat membuat tubuh dehidrasi, terutama saat hari-hari musim panas.

“Selama Ramadhan, orang cenderung makan banyak makanan dengan sangat cepat setelah berpuasa berjam-jam. Cobalah berbuka puasa dengan sup, dilanjutkan air atau jus buah, sehingga dapat melembabkan tubuh setelah hari yang panjang dehidrasi. Selanjutnya, makan hidangan utama 10 sampai 15 menit kemudian,” imbuh Aria.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top