Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Harwell Dekatron Komputer Tertua Seberat 3 Ton Masih “Nyala”

www.marketing.co.id – Mungkin sulit dibayangkan ada sebuah komputer yang beratnya hampir 3 ton masih berfungsi seperti  sediakala. Perangkat komputer ini dinamakan ‘Harwell Dekatron’ salah satu perangkat komputer yang ada di dunia yang masih bisa diaktifkan. Walaupun sudah berumur 61 tahun, Harwell Dekatron diklaim sebagai perangkat komputer digital tertua di dunia.

Selain itu, perangkat ini bisa di lihat di Museum Nasional Komputer di Buckinghamshire, Inggris salah satu museum yang akan mengaktifkan komputer yang bersejarah bagi warga united kingdom tersebut.

Menurut  Kevin Murrell selaku pemimpin museum mengatakan, pada tahun 1951 Harwell Dekatron adalah salah satu dari belasan komputer di dunia yang ada saat itu. Sampai saat ini pesona dari Harwell Dekatron tetap bertahan utuh, sedangkan komputer-komputer lain mungkin sudah di daur ulang atau di hancurkan.

Perangkat ini pertama kali digunakan pada tahun 1951 untuk penelitian atom. Komputer ini berjalan pada relay sentral telepon dan ratusan tabung dekatron yang masing-masing bisa menampung memori satu digit. Selain itu, untuk menginput data dan menyimpan output dari mesin komputer masih menggunakan pita kertas.

Di samping itu, perangkat komputer ini mengutamakan keandalan bukannya kecepatan. “Kegunaan perangkat ini waktu itu adalah sebagai alat memecahkan algoritma dengan kecepatan seperti orang menggunakan kalkulator mekanis dan bisa bekerja selama berhari-hari tanpa kesalahan,” kata Murrell.

Perlu diketahui mesin ini bukanlah perangkat hitung elektronik tertua tetapi dianggap sebagai komputer modern pertama yang masih mampu bekerja. Harwell Dekatron terlihat di museum bersama Colossus Mark II yang merupakan komputer elektonik pertama di dunia. (pcpro/HN)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top