Harpelnas, Alarm Kepuasan Pelanggan

Banyak perusahaan di Indonesia, khususnya perusahaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, yang memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) pada 4 September. Harpelnas merupakan hari di mana pelaku bisnis secara spesial memberi perhatian khusus kepada pelanggan, hari di mana pelaku bisnis diingatkan harus memberikan pelayanan yang dapat memuaskan pelanggan.

Hal ini karena pelanggan merupakan aset yang sangat penting bagi perusahaan. Dengan adanya pelanggan, perusahaan bisa tumbuh. Dan, pelanggan loyal akan membuat perusahaan memiliki daya saing yang kuat di pasar.

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang merayakan Harpelnas dengan berbagai bentuk pelayanan spesial.  Misalnya Dwidayatour, mereka mengapresiasi pelanggan lintas generasi dengan memberikan kejutan berupa gift voucher seperti tiket pulang pergi ke manca negara hingga menginap di hotel mewah. Sedangkan CEO iruna eLogistics, Yan Hendry Jauwena memilih untuk “mengantarkan langsung” kurang lebih 50 paket kepada pelanggan setianya yang berada di Jabodetabek.

Penggagas Harpelnas Handi Irawan D merasa bersyukur melihat spirit pelayanan yang ditunjukkan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Menurutnya, Harpelnas telah memberi makna dan juga menjadi bagian dari proses pembentukan budaya pelayanan. Banyak perusahaan yang melihat tradisi di mana para manajemen puncak memberikan keteladanan dalam melayani. Ini tentu sangat memberi motivasi bagi bawahannya untuk meningkatkan pelayanan.

Tentu ada slogan yang dibentangkan pada hari itu, ada jabat tangan, dan senyum petinggi perusahaan. Namun, tentunya kita sepakat bahwa makna Harpelnas tidak sebatas itu. Harpelnas harus menjadi momentum bagi perusahaan untuk menghargai pelanggan. Dengan Harpelnas, perusahaan juga harusnya semakin terpacu untuk memenuhi harapan, bahkan bila perlu melampaui ekspektasi pelanggan.

Selain itu, Harpelnas juga menjadi alarm atau pengingat bahwa kepuasan pelanggan harus menjadi concern semua pihak dan menjadi budaya perusahaan yang dipegang teguh seluruh elemen di perusahaan.

“Melalui Harpelnas ini semoga perusahaan-perusahaan di Indonesia terdorong untuk memiliki daya saing kuat melalui produk maupun pelayanan yang berkualitas, sehingga Indonesia bisa tampil menjadi negara yang diperhitungkan dalam kancah persaingan global,” harap Handi seperti dikutip Gosbiz.com.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.