Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

#HariPelanggan Nasional Trending Topik Lagi di Twitter

Marketing.co.id – Berita Marketing | Seperti tahun – tahun sebelumnya Tagar Hari Pelanggan Nasional kembali trending topic di Twitter. Masuknya #HariPelanggan Nasional Trending menjadi trending topic di laman micro blogging tersebut membuktikan, bahwa warganet dan perusahaan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap ajang yang diperingati setiap tanggal 4 September 2020 ini.

Hari Pelanggan Nasional atau biasa disingkat Harpelnas digagas oleh Handi Irawan D, pada tahun 2003 silam. Tujuanya dicetuskannya Harpelnas untuk memberi inspirasi kepada insan-insan pelayanan dan perusahaan-perusahaan agar mampu memberikan pelayanan terbaik, sehingga menjadi insan pelayanan dan perusahaan yang lebih kreatif, lebih inovatif dan akhirnya lebih kompetitif.

Pada setiap perayaan Harpelnas banyak perusahaan dari berbagai industri, baik perusahaan swasta maupun BUMN. Mereka merayakannya Harpelnas dengan program – program promo menarik. PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) menggelar program gratis Asuransi Tipus dan Asuransi Demam Berdarah untuk para pelanggan. Sementara, SPBU Shell memberikan  layanan desinfeksi interior kendaraan gratis kepada 500 pelanggan dan 10.000 masker.

Baca juga: Harpelnas 2020: Pentingnya Membangun Budaya dan Inovasi Pelayanan

Handi Irawan

Handi Irawan, Penggagas Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas)

Menyambut Harpelnas 2020, Allianz Indonesia memberikan tambahan loyalty point atau voucher belanja yang akan diberikan melalui aplikasi program loyalty, Allianz Smart Point. Nasabah mendapatkan point untuk setiap Rp100.000 premi yang dibayarkan dan kelipatannya. Khusus selama masa promo, Allianz memberikan tambahan poin untuk pembelian polis baru dengan polis elektronik dan korespondensi elektronik, serta untuk berbagai transaksi melalui portal nasabah Allianz eAZy Connect.

Tak mau ketinggalan, Shop&Drive memberikan program tukar tambah aki terbesar untuk pelanggan setianya. Apabila pelanggan menemukan nilai tukar tambah aki GS Astra seri NS40 dan NS60 lebih besar di ritel modern atau ATPM lainnya, Shop&Drive akan membayar selisih tukar tambah aki tersebut sebanyak dua kali lipat dalam bentuk voucher belanja Shop&Drive.

Sebagai penggagas Harpelnas Handi mengingatkan, kepuasan pelanggan ditentukan oleh beberapa faktor antara lain harga produk/layanan yang kompetitif, value yang menarik, dan kualitas produk atau layanan. Namun faktor kualitas menjadi kontribusi terbesar terciptanya kepuasan pelanggan.

Baca juga: Faktor Terpenting Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

“Kepuasan karena harga murah biasanya tidak akan tahan lama, karena jika pelayanan dan produknya tidak berkualitas akan menjadi problem. Loyalitas pelanggan yang dibangun karena kepuasan pelanggan akan menjadi sesuatu yang fundamental. Ini berlaku di era konvensional maupun digital,” jelas CEO Frontier Group ini.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top