Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Hari Pelaut Sedunia, PIS Berikan Apresiasi Kepada Garda Terdepan Pejuang Energi

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagai subholding shipping PT Pertamina (Persero) mempunyai peran penting dalam proses pendistribusian energi nasional dengan didukung oleh peran awak kapal sebagai garda terdepannya.

Sebagai apresiasi atas kinerja dan perjuangan luar biasa tersebut, PIS  memperingati Hari Pelaut Sedunia tahun ini sejalan dengan tema yang diusung oleh International Maritime Organization (IMO) yaitu “Seafarer: At The Core of Shipping Future”, pada Jumat, 25 Juni 2021, secara virtual.

Acara peringatan ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan jajaran Direksi PT Pertamina (Persero) dan PIS yang didukung juga oleh Kementerian Perhubungan atas kontribusi nyata para awak kapal dalam mendukung kelancaran distribusi energi meskipun dalam situasi sulit karena pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menyampaikan bahwa peringatan Hari Pelaut Sedunia menjadi hari yang penting mengingat peran dari pelaut dalam menopang perekonomian nasional. Baginya, para pelaut adalah garda terdepan yang selalu siap melakukan tugasnya di tengah kondisi apapun.

“Kami jajaran direksi PT Pertamina (Persero) mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan semangat para awak kapal PIS dalam mendukung kelancaran distribusi energi ke seluruh wilayah operasional, baik di perairan Indonesia maupun Internasional,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Jajaran Direksi PIS pun turut bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi dengan berhasilnya kapal Pertamina Gas 2 (PG 2) yang berbendera Indonesia yang dipimpin Capt. Dasuki dan seluruhnya diawaki oleh kru berkewarganegaraan Indonesia diterima sandar dan muat kargo LPG di Amerika dan juga kapal MT Gamsunoro yang dipimpin oleh Capt. Doddy di pelabuhan muat China.

Khusus untuk pelayaran Kapal PG 2, ini merupakan pencapaian luar biasa setelah 30 tahun terakhir bagi kapal berbendera Indonesia yang berhasil diterima di perairan USA. Kapal PG 2 melakukan pelayaran dimulai dari Tanjung Sekong Indonesia ke Port Elizabeth, Freeport/USA dan akan kembali lagi menuju Indonesia.

Menurut Erry Widiastono, Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS), prestasi ini menjadi tonggak sejarah baru di bawah PIS yang baru saja diresmikan menjadi Subholding Shipping PT Pertamina (Persero) oleh Menteri BUMN dan menjadi bagian learning process untuk seluruh kru kapal, bahwa ke depan akan semakin banyak pelayaran internasional yang akan dilakukan oleh PIS.

Dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberikan tambahan semangat tersendiri bagi seluruh awak kapal Pertamina untuk menjalankan tugasnya  Di tengah pandemik yang belum berakhir dengan memenuhi aspek HSE, peraturan pelayaran internasional, dan protokol kesehatan Covid-19.

“Dari kami mengharapkan dengan peringatan Hari Pelaut Sedunia ini bisa menjadi momentum baik untuk awak kapal PIS terus berusaha dalam mencapai target yang ditetapkan, serta berkontribusi secara aktif untuk pencapaian aspirasi perusahaan yang tidak hanya pada bidang shipping, namun juga sebagai integrated marine logistic company,” ujarnya.

The Day of Seafarer pertama kali diperingati pada 2011, setelah adanya pengesahan usulan dari 41 negara. Hal tersebut ditandai dengan diterbitkannya resolusi nomor A. 1033(27) pada sidang Assembly ke-27 di London, pada bulan November 2010 oleh IMO. The Day of Seafarer dianggap penting mengingat pengakuan dunia transportasi barang lebih dari 85% melalui laut. Para pelaut adalah pekerja yang penuh dengan tantangan dan pengorbanan. Di tahun 2021 ini, PIS juga mendukung dan turut mengkampanyekan #Fair Future for Seafarers dalam rangka memberikan support kepada para pelaut di seluruh dunia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top