Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Hari Pelanggan Nasional di Era New Normal

Marketing.co.id – Tak terasa kita akan berjumpa lagi dengan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas). Hari dimana kita diingatkan untuk terus meningkatkan pelayanan pelanggan. Hal ini karena pelanggan adalah bagian penting dan tak terpisahkan dari perusahaan. Begitu pentingnya pelanggan, Handi Irawan D, CEO Frontier Group, yang

Logo Harpelnas

menjadi penggagas Hari Pelanggan Nasional, menggulirkan perayaan ini setiap 4 September sebagai momentum bagi perusahaan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan mereka.

Hari pelanggan Nasional dicetuskan pertama kali pada tahun 2003 lalu. Presiden Megawati Soekarno Putri sendiri yang meresmikan tanggal 4 September sebagai Hari Pelanggan Nasional. Ketika Harpelnas pertama kali dicetuskan, banyak pihak yang mendukungnya mulai dari perusahaan swata nasional, perusahaan negara (BUMN), perusahaan public service hingga kementerian BUMN juga turut mendukungnya.

Dukungan terhadap Harpelnas ini terasa sekali ketika diadakan Parade Simpatik Harpelnas setiap tahunnya. Pertama kali Parade Simpatik Harpelnas diadakan pada tahun 2013, ada 60 perusahaan dengan 5.000 frontliner yang ikut dalam parade ini. Kemudian pada tahun berikutnya jumlah perusahaan yang ikut Parade Simpatik Harpelnas terus meningkat hingga lebih dari 100 perusahaan, swasta maupun BUMN, dengan melibatkan sekitar 10.000 frontliner dan jajaran direksi.

Parade simpati Harpelnas tahun lalu di lokasi CFD Jakarta.

Setiap tahun Harpelnas selalu dirayakan oleh banyak perusahaan melalui berbagai bentuk kegiatan pelayanan yang spesial bagi pelanggan mereka. Perusahaan yang merayakannya tidak hanya mereka yang bergerak di bidang jasa, seperti perbankan, asuransi, telekomunikasi ataupun jasa lainnya, tetapi juga perusahaan makanan dan minuman, otomotif, elektronik, ritel, garmen, atau e-commerce,  turut merayakan Harpelnas. Pada hari itu, semua jajaran direksi perusahaan turun untuk melayani pelanggan mereka. Bahkan banyak direksi yang bertandang ke rumah pelanggan atau menjenguk pelanggan yang sedang sakit.

Baca juga: (Foto) Parade Sehat Untuk Sambut Hari Pelanggan Nasional Pada 4 September 2019

Tidak hanya perusahaan saja yang menyabut Harpelnas, pihak pemerintahan baik pusat maupun daerah juga turut menyambut Harpelnas. Joko Widodo saat menjabat gubernur DKI Jakarta ikut hadir dalam seminar Harpelnas yang diadakan oleh Frontier Group dan Majalah MARKETING. Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI, juga memberi pesan khusus di Harpelnas. Kini, gaung Harpelnas tidak saja menggema di Jakarta dan sekitarnya, tapi telah meluas ke berbagai kota.

Tahun ini dalam menyambut Harpelnas tentu akan berbeda dengan tahun lalu. Adanya pandemi Covid-19 telah memaksa orang untuk hidup dalam tatanan normal baru, yaitu jaga jarak, menghindari kerumuan atau berkumpul banyak orang, memakai masker, dan lainnya. Hal ini tentu saja akan mengubah cara pelayanan  yang diberikan kepada pelanggan. Termasuk juga ketika perusahaan akan memberikan pelayanan spesial kepada pelanggannya di Harpelnas nanti.

Baca juga: Enam Direksi BCA Layani Nasabah di Hari Pelanggan Nasional

Meskipun di masa pandemi nampaknya tidak akan menyurutkan antusias perusahaan dalam menyambut Harpelnas tahun ini. Justru di masa pandemi ini bisa memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Hal ini pula yang mendasari tema Harpelnas tahun 2020 ini, yaitu Inovasi Pelayanan Pelanggan di Era New Normal.

Pelepasan burung merpati oleh para pemimpin perusahaan dalam Parade Simpatik Harpelnas di CFD Jakarta, sebagai simbol peringatan Harpelnas secara serentak di seluruh perusahaan.

Dalam menyambut Harpelnas tahun ini perusahaan dapat melakukan berbagai kegiatan, diantaranya memberikan konsultasi gratis secara virtual, mengadakan live event secara virtual berupa seminar atau talkshow, mengirim cindera mata atau suvenir ke rumah pelanggan, atau memberikan bonus spesial bagi pelanggannya yang menggunakan layanan tertentu. Selain itu, perusahaan juga bisa melakukan broadcast ucapan Hari Pelanggan Nasional lewat media sosial ataupun gadget kepada pelanggan, karyawan maupun relasi. Kemudian juga bisa memberikan suvenir kepada pelanggan yang datang ke kantor pada tanggal 4 September.

Sementara, Frontier Group bersama majalah MARKETING dan portal marketing.co.id akan menerbitkan kembali buletin Harpelnas serta mengadakan webinar Hari Pelanggan Nasional 2020 yang bisa diikuti secara gratis.

Mari kita sambut Harpelnas tahun ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Selamat Hari Pelanggan Nasional 2020!

Anang Ghozali

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top