Hari Pelanggan Nasional 2025, Momen Puncak Apresiasi dan Peningkatan Pelayanan

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id — Berita Excellent Service | Setiap tanggal 4 September, seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Pelanggan Nasional (Hari Pelanggan), sebuah momen penting untuk menghargai pelanggan dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik. Peringatan Hari Pelanggan 2025 menjadi momentum bagi para pemimpin perusahaan untuk memberikan keteladanan dalam melayani pelanggan dan membangun budaya pelayanan yang menempatkan pelanggan sebagai aset terpenting.

Hari Pelanggan Nasional pertama kali ditetapkan secara resmi oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 4 September 2003. Acara peresmiannya di Ballroom Hotel Shangri-La Jakarta, dihadiri oleh 15 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi pelopor, bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan Frontier Group. Tema perdana Hari Pelanggan Nasional, “Senyum Pelanggan Indonesia,” menekankan bahwa kepuasan pelanggan adalah fondasi utama bagi pertumbuhan perusahaan.

Handi Irawan D, CEO Frontier dan Penggagas Hari Pelanggan Nasional, menyatakan bahwa gagasan ini lahir dari keyakinan akan pentingnya kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan hal penting bagi perusahaan untuk bertumbuh. Dengan adanya Hari Pelanggan Nasional, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.

“Mari jadikan Hari Pelanggan Nasional 4 September 2025 sebagai momen puncak apresiasi terhadap pelanggan. Dimana, segenap pimpinan perusahaan memberikan keteladanan dalam melayani pelanggan dan membangun budaya pelayanan yang menempatkan pelanggan sebagai aset paling penting bagi perusahaan,” papar Handi.

Dengan semangat yang sama, perayaan Hari Pelanggan Nasional 2025 mengajak segenap pimpinan perusahaan untuk menjadikan momen ini sebagai puncak apresiasi kepada pelanggan. Ini adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan komitmen dalam meningkatkan kualitas layanan, baik dari segi keramahan, kemudahan, kecepatan, maupun solusi.

Menurut Yuliana Agung MBA, Chairwoman Next Gen Frontier Group of Companies & CX Expert, “Saat ini kita bersiap menghadapi perubahan dari Human Lead Services ke Human in Loop Services dan menuju pada Tech Lead Services, dimana pada akhirnya kita siapkan kapabilitas hyper-personalization services bagi pelanggan. Melalui Tech Lead Services, perusahaan akan mampu secara otomatis memberikan service dan nilai (value) yang sangat personal bagi pelanggan. Inilah wajah Hari Pelanggan 2025.”

Hari Pelanggan Nasional bukan sekadar perayaan, melainkan pengingat penting bagi para pemimpin perusahaan bahwa fokus pada pelanggan adalah kunci untuk tetap kompetitif. Kemeriahan itu, mulai dari para pimpinan yang turun langsung melayani pelanggan, penghargaan untuk pelanggan setia, hingga liputan media, menciptakan semangat internal. Banyak perusahaan memanfaatkan momen ini untuk mengumpulkan masukan dari pelanggan, yang kemudian digunakan untuk merencanakan strategi bisnis.

Perayaan ini juga sangat relevan dengan transformasi digital di Indonesia. Saat ini, pelanggan mengharapkan pengalaman digital yang lancar, dan Hari Pelanggan mendorong perusahaan untuk memenuhi harapan tersebut. Setiap masukan, dukungan, dan kepercayaan dari pelanggan menjadi modal untuk menjaga budaya yang berpusat pada pelanggan.

Untuk memperkuat hubungan antara merek dan pelanggan, Hari Pelanggan Nasional dimeriahkan dengan penyelenggaraan Service Quality Award (SQA) 2025. Dalam acara bertema “ThinkCustomer Evening”, Carre—perusahaan konsultan riset terkemuka yang berfokus pada pengukuran kepuasan dan kualitas layanan pelanggan, kembali mengumumkan para peraih penghargaan tahunan tersebut. Sebanyak 287 merek service di Indonesia berhasil meraih penghargaan bergengsi ini, sebagai pengakuan atas kualitas pelayanan yang mereka berikan.

Penghargaan ini didasarkan pada hasil riset Service Quality Index (SQI) 2025 yang dilakukan di empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang. Survei tersebut melibatkan lebih dari 3.500 responden untuk mengukur secara langsung bagaimana pelanggan merasakan pengalaman mereka dengan suatu layanan. Service Quality Award diharapkan dapat memotivasi perusahaan untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan mereka, seiring dengan tuntutan pelanggan yang semakin tinggi di era digital.