Portal Lengkap Dunia Marketing

BERITA

Hari Inovasi Indonesia Diperingati Tiap 1 November

innovasiApa yang membedakan individu yang sukses dan yang tidak sukses? Apa yang membuat perusahaan menjadi sukses dan bertumbuh semakin besar? Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan tersebut. Tetapi, ada faktor fundamental atau yang mendasari kesemua faktor tersebut yaitu inovasi.

Tidak berlebihan kalau kemudian ada pernyataan yang  terkenal, “Inovasi atau Mati!” Ya..perusahan yang tidak inovatif, ibaratnya tinggal menunggu kematian. Kemajuan teknologi dan perubahan perilaku pelanggan, sudah pasti menuntun perusahaan untuk melakukan perubahan melalui inovasi. Ini yang membuat perusahaan mampu menciptakan produk dan layanan baru yang semakin memenuhi keinginan pelanggan.

Problem terbesar dari Inovasi adalah mind-set perusahaan yang juga merupakan koleksi dari mindset karyawannya. Mindset inilah yang akan menentukan apakah perusahaan memiliki budaya inovatif atau tidak. ‎ Tidak adanya motivasi untuk berinovasi, akan menciptakan budaya kerja yang statis dan akhirnya perusahaan tidak akan mampu bersaing lagi.

logo_innovationAward_BEABudaya inovatif inilah yang perlu ditumbuhkan oleh para leader dan pelaku bisnis.  Ini sebuah pekerjaan yang membutuhkan komitmen yang tinggi. Para leader perlu mendorong setiap individu untuk memproduksi gagasan dan ide yang inovatif dan memberikan arah bagaimana gagasan dan ide yang inovatif bisa diimplementasikan.

Dengan latar belakang inilah, maka Handi Irawan D, sebagai chairman dari Tera Foundation yang melahirkan Penghargaan Rekor Bisnis ‎(ReBi), meng-inisiasi lahirnya Hari Inovasi Indonesia (HII).

“Hari Inovasi Indonesia (HII) akan diperingati oleh para individu dan pemilik merek setiap tanggal 1 November, harapannya adalah terciptanya budaya inovatif, produk inovatif dan layanan inovatif”, ujar Handi Irawan D.

Sekadar untuk diketahui, visi dan misi dari HII ini adalah sebagai berikut:
Visi: Inilah Sebuah hari yang mengingatkan individu, pelaku bisnis dan perusahaan di Indonesia untuk me‎nciptakan budaya inovatif, untuk terciptanya produk dan layanan inovatif untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.

Misi:
(1) HII mendorong terciptanya mindset untuk melihat inovasi sebagai satu satunya cara untuk meraih kesuksesan.
(2) HII mendorong agar individu dan pelaku bisnis untuk lebih produktif menciptakan gagasan dan ide-ide yang inovatif.
(3) HII mengingatkan pimpinan para pelaku bisnis untuk memiliki komitmen, mengubah gagasan dan ide yang inovatif menjadi produk dan layanan yang inoatif.

Lalu, untuk memperingat HII, apa saja yang dapat dilakukan perusahaan untuk memperingat HII? Berikut ini adalah beberapa ide yang dapat digunakan atau dikembangkan lagi:
  1. Perusahaan memilih dan memberikan reward‎ kepada “most innovative employee” 2015.
  2. Mengadakan kompetisi untuk karyawan yang memilki gagasan inovatif. Gasasan bisa ditulis atau dipresentasikan.
  3. Meluncurkan program atau komunikasi yang inovatif pada Hari Inovasi.

Semoga dengan adanya HII yang akan diresmikan dan dirayakan pada 1 November ini budaya inovatif, produk inovatif, dan layanan inovatif akan terus terwujud.

Click to comment

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top