Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group kembali menggelar penghargaan bergengsi Top Brand for Kids & Teens 2014 di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta.
Penghargaan yang sudah menginjak tahun ke delapan ini diberikan kepada merek-merek yang dianggap TOP di tengah masyarakat, terutama anak-anak dan remaja berdasarkan hasil survei.
Survei Top Brand Kids & Teens melibatkan 2.500 responden di lima kota besar, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan. Survei ditargetkan mulai dari produk-produk balita, anak-anak, dan remaja.
Hampir semua produk mulai dari makanan dan minuman, perlengkapan dan perawatan pribadi, obat-obatan, perlengkapan sekolah, telekomunikasi, hingga media cetak telah diikutkan dalam survei. Kategori yang disurvei hampir mencapai 145 jenis dengan menyertakan lebih dari 300 merek top.
Ada tiga kriteria responden yang diikutkan dalam survei Top Brand for Kids & Teens:
Responden anak
Responden anak adalah anak laki-laki/perempuan berusia 8-12 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 500 responden.
Responden ibu
Responden ibu adalah wanita berusia 21-50 tahun yang memiliki anak berusia 0-4 tahun atau memiliki anak berusia 5-12 tahun yang tinggal di dalam satu rumah dengan jumlah sampel sebanyak 1.000 responden.
Responden remaja
Responden remaja adalah laki-laki/perempuan berusia 13-18 tahun, atau sedang duduk di bangku sekolah SMP atau SMA.
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling, sementara pengumpulan data di lapangan dilakukan pada Februari-Maret 2014, dengan menggunakan kuesioner terstruktur.
Analytical framework dari Top Brand for Kids & Teens diadopsi dari konsep Top Brand, yaitu diukur dari tiga komponen – Top of Mind Awareness, Last Used, dan Future Intention.
Nilai dari ketiga parameter untuk sebuah merek di dalam kategori produk tertentu diperoleh dengan cara menghitung persentase frekuensi merek tersebut relatif terhadap frekuensi keseluruhan merek.
Top Brand Index (TBI) selanjutnya diperoleh dengan cara menghitung rata-rata terbobot masing-masing parameter.
Top Brand for Kids & Teens 2014 diberikan kepada merek-merek di dalam produk yang memenuhi dua kriteria, yaitu:
- Merek-merek yang memperoleh Top Brand Index minimum sebesar 10%.
- Merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam posisi top three di dalam kategori produknya.
Dua kategori ini harus dipenuhi oleh sebuah merek agar berhak menyandang predikat “Top Brand”. Dengan adanya dua kategori ini, maka dalam satu kategori terdapat lebih dari satu merek – maksimal tiga – yang meraih predikat “Top Brand”.