Portal Lengkap Dunia Marketing

OTOMOTIF

Hankook Tire Tawarkan Solusi Efisiensi Penggunaan Ban Kendaraan Operasional

Marketing.co.id – Dalam menyiasati kondisi selama dan setelah pandemi Covid-19, pelaku usaha perlu melakukan efisiensi biaya produksi pada aktivitas bisnisnya untuk mengantisipasi krisis yang bakal terjadi.

Langkah efisiensi tersebut dapat diterapkan pada aspek transportasi sebagai bagian penting dalam manajemen rantai pasok dan logistik usaha. Perlu dianalisa kembali Biaya Operasional Kendaraan (BOK) bagi kendaraan niaga seperti truk, cargo, dan container.

Umumnya BOK dikelompokkan menjadi biaya tetap (fixed cost) dan biaya tidak tetap (variable cost). Salah satu unsur biaya tidak tetap yang paling utama adalah konsumsi bahan bakar, konsumsi oli, dan pemakaian ban pada kendaraan.

National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni, menyampaikan meskipun pemakaian ban termasuk dalam biaya tidak tetap dalam operasional kendaraan, ada sejumlah perhitungan dan strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk menghemat biaya operasional kendaraan sejak tahap perencanaan biaya.

“Biaya ban seringkali tidak begitu dianggap berpengaruh pada biaya operasional karena biasanya pelaku usaha hanya memperhitungkan harga beli ban saja. Padahal, dengan strategi pemilihan produk dan penghitungan biaya yang tepat, sangat berpengaruh terhadap efisiensi biaya operasional kendaraan,” jelasnya.

Ahmad memprediksi biaya ban memakan sekitar 20-25% dari proporsi biaya operasional kendaraan secara keseluruhan yang mencakup bahan bakar, oli, suku cadang dan biaya perawatan kendaraan lainnya.

Pelaku usaha yang mengandalkan manajemen logistik dalam aktivitas bisnisnya dapat menggunakan produk ban TBR (truck and bus) AH30 yang mempunyai keunggulan desain struktural, sehingga menciptakan daya tahan terhadap panas yang lebih baik, tingkat daya tampung yang lebih tinggi, serta performa ban yang lebih baik pada kemampuan pengereman, akselerasi, traksi, dan daya gesek.

Sebagai bentuk pre-sales service untuk mencegah kerusakan atau pemborosan pemakaian ban karena pemilihan tipe yang tidak sesuai dengan operasional, Hankook Tire bersama jaringan distributor akan membantu memberikan rekomendasi pemilihan produk yang tepat sesuai dengan operasional masing-masing kendaraan.

Pemahaman cara pemasangan ban yang baik dan benar serta peralatan yang sesuai juga dapat didapatkan di pre-sales service. Sementara bagi after-sales service atau layanan purna jual, Hankook Tire menyediakan tire maintenance audit yaitu analisa penggunaan dan perawatan ban dengan melakukan pemeriksaan berkala secara acak pada beberapa ban yang terpasang dan ban yang sudah dilepas.

Dari proses tersebut, teknisi Hankook Tire akan memberikan laporan dan rekomendasi penggunaan dan perawatan ban yang baik dan benar. Hankook Tire juga dapat memberikan pelatihan bagi para pengemudi dan teknisi (tire-man).

Para fleet customer dapat memanfaatkan keseluruhan layanan, pre-sales dan after-sales service Hankook Tire untuk memaksimalkan performa ban dan menghemat biaya pemakaian ban.

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top