Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Hampir Bangkrut! Pedagang Tanah Abang Ini Diselamatkan Online Marketpalce

Foto ilustrasi offline marketplace – Dok. Neurosensum

Marketing.co.id – Berita UMKM | Salah satu pedagang pakaian di pasar Tanah Abang, Samuel, merasakan sendiri bagaimana dampak pandemi Covid-19 terhadap bisnisnya. Terlebih, saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan sekitar Triwulan 1 2020, bisnisnya terancam gulung tikar karena aktivitas offline mendadak dibatasi.

“Kalau nggak ada online mungkin tahun lalu saya udah gulung tikar kali. Pas PSBB kan pasar Tanah Abang ditutup, barang yang saya timbun ada 10M, kalau nggak ada online saya bangkrut,” ungkap Samuel.

Seperti kita ketahui, UMKM telah berjasa besar menyelamatkan Indonesia dari dua krisis ekonomi besar, yaitu krisis ekonomi 1998 dan 2008. UMKM, yang sejatinya adalah usaha dari rakyat untuk rakyat, sekali lagi diharapkan mampu membantu menahan laju penurunan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi ini.

Apa yang dirasakan Samuel sejalan dengan hasil riset NeuroSensum yang dilakukan secara virtual ke  sejumlah pelaku UMKM. Dari riset tersebut terungkap bahwa lini penjualan offline mereka mengalami penurunan. Ini berbanding terbalik dengan penjualan online mereka yang justru meningkat.

Memang, di masa kecanggihan teknologi seperti sekarang ini peran online marketplace  menjadi vital dalam mendukung ketahanan UMKM di Indonesia. Aktivitas offline yang dibatasi karena pandemi, secara alami menghadirkan peluang dan tantangan tersendiri baik bagi pelaku UMKM, pembeli, maupun online marketplace sebagai penyedia tempat berjualan.

“Pandemi memang memengaruhi sistem bisnis mereka, artinya mereka harus berpikir dengan cepat bagaimana bertransformasi secara digital. Salah satu transformasi yang berhasil menolong mereka adalah bergabung dengan online marketplace sehingga dari sisi penjualan mereka bisa bertumbuh,” tutur Grace Oktaviana, Associate Director Neurosensum Indonesia.

Online marketplace memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di Indonesia. Dengan memanfaatkan fitur dan layanan yang disediakan oleh online marketplace, UMKM dapat terus tumbuh dengan lebih baik lagi.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top