Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menggalang Dana dari CrowdFunding

crowdfundingBanyak calon pebisnis yang mengundurkan niatnya untuk membuka sebuah usaha dengan alasan tidak memiliki modal yang cukup. Untuk itu, sistem crowdfunding pun hadir demi menjawab problematika yang menghambat para calon pebisnis minim modal.

Tapi tentu saja tidak semua bisnis akan mendapatkan dana langsung dari para investor crowdfunding. Ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan sebelum Anda mulai mengkampanyekan ide bisnis Anda.

1.       Menjadi pendamping bagi proyek

Siapa lagi orang yang lebih mengetahui bisnis Anda selain diri Anda sendiri. Jadi, buatlah diri Anda sebagai superhero pendamping proyek bisnis Anda. Mulai dari menjawab pertanyaan yang dilontarkan calon investor, mempromosikan bisnis Anda kepada khalayak, dan lain sebagainya.

Beri tahu semua orang, bahwa proyek Anda sangat menjanjikan dan Anda sangat bergairah untuk menerapkannya.

2.       Beri khalayak alasan

Tidak ada orang yang rela mempercayakan uangnya secara cuma – cuma, maka Anda wajib memberi mereka alasan yang tepat, kenapa mereka harus menginvestasikan sebagian hartanya.

Berikan banyak cerita keren dan hebat seputar ide crowdfunding Anda dalam berbagai kesempatan.

3.       Libatkan komunitas

Tak dapat dipungkiri bahwa bergabung dengan sebuah komunitas akan membantu network Anda. Jika rekan sekomunitas tidak bisa membantu, setidaknya mereka bisa mempromosikan ide keren milik Anda.

Bersikaplah jujur dan komunikasikan apa yang menjadi ide, misi, visi, serta ekspektasi Anda kepada mereka.

4.       Gunakan media sosial

Mungkin beberapa orang ada yang beranggapan bahwa ide bisnis yang belum tentu rampung tak usah di-publish lewat media sosial, karena akan malu rasanya bila tidak kesampaian. Justru inilah anggapan yang salah, dan malah membuat ide proyek Anda benar – benar tak akan rampung. Karena Anda sudah tak yakin dan tidak berani meyakinkan orang lain.

5.       Jadilah ekstrovert

Jika sebelumnya Anda adalah seorang yang tertutup dan penyendiri, maka Anda perlu mengubah perilaku tersebut. Karena bagaimana Anda akan sukses mencari dana kalau Anda sendiri tidak bisa memiliki teman?

Jadi keluarlah dari kamar Anda, dan cobalah untuk mulai bergaul.

6.       Berikan hadiah menarik

Selain alasan, iming-iming hadiah juga akan membuat khalayak tertarik untuk berinvestasi. Jadi berikan berbagai hadiah unik bila mereka menyodorkan uangnya, setidaknya, meski proyek crowdfunding Anda tidak sesuai dengan harapan pendonor, mereka tidak terlalu menyesal karena sudah diberikan hadiah khusus.

7.       Kualitas

Selain berbagai cara promosi di atas, Anda juga perlu memikirkan sisi kualitas. Apakah proyek Anda sudah memiliki kualitas, inovasi, dan manfaat yang cukup bagi masyarakat? Jika tidak, maka akan sulit untuk membuat investor merogoh koceknya.

Crowdfunding adalah sistem pencarian dana dengan melibatkan orang lain. Jadi, bagaimana Anda bisa sukses dalam crowdfunding jika Anda tidak bisa bergaul dengan baik?

 

Sumber: Entrepreneur | Foto: Forbes

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top