Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Haikers, Tempat Biker Nongkrong dan Ngobrol Bareng

“Markas” komunitas ini menjadi tempat berkumpul, menjalin networking, dan meraih manfaat ekonomi. Semuanya dalam satu aplikasi.

haikers.id

Indonesia menjadi pangsa pasar yang sangat menggiurkan bagi perusahaan-perusahaan otomotif, khususnya sepeda motor. Hal ini diperkuat dengan data yang dilansir oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), dimana penjualan sepeda motor di Indonesia menyentuh angka tertinggi 3,7 jutaan unit pada Agustus 2017.

Banyaknya jumlah sepeda motor yang beredar di Indonesia ini memunculkan individu-individu yang mempunyai minat sama pada jenis dan merek motor tertentu. Kesamaan inilah yang kemudian disatukan hingga terbentuk suatu komunitas. Keberadaan komunitas motor berbanding lurus dengan banyaknya varian motor baru yang diluncurkan.

Maka, bisa dibayangkan berapa jumlah komunitas sepeda motor yang ada di Indonesia; bisa puluhan bahkan ratusan. Melihat potensi dari banyaknya komunitas sepeda motor ini, Abie Tri Hutomo, CEO & Co Founder Haikers.id, mencoba memberi solusi dengan membuatkan suatu wadah bagi mereka untuk saling berinteraksi dengan mudah.

Abie, panggilan akrabnya, membuat wadah tersebut dalam bentuk aplikasi bernama “Haikers.id”. “Haikers adalah sebuah markas bagi biker Indonesia buat nongkrong dan ngobrol bareng,” ucapnya ketika ditemui dalam acara launching Haikers.id.

Lebih lanjut ia mengatakan, aplikasi ini tidak terfokus hanya menargetkan komunitas. Ia juga ingin agar Haikers.id mengakomodir kebutuhan pengguna motor, pehobi motor, motor enthusiast, dan masyarakat secara umum.

Atas dasar itulah Haikers.id dikembangkan dengan fitur-fitur dan interface yang user friendly. Dalam aplikasi ini pengguna akan mendapatkan beragam manfaat, terutama dalam hal informasi. Dengan label sebagai tempat nongkrong dan ngobrol, fitur Forum sudah semestinya memegang peranan utama.haikers.id

“Forum adalah ruang untuk user bisa saling bertukar informasi mengenai hal berbau motor, seperti event, touring, tips, trik, dan berita. Di sinilah tempat yang pas untuk menjalin networking,” terangnya.

Selain Forum, fitur lain adalah Best Deals. Fitur ini memberikan kemudahan bagi user untuk mencari dan membeli kebutuhan untuk berkendara motor. Abie menjamin harga yang ditawarkan di fitur ini sangat kompetitif dibandingkan harga di toko offline.

Aplikasi ini pun dilengkapi fitur Maps untuk mendukung biker atau komunitas ketika sedang touring. Maps dapat membantu user mengetahui rute-rute serta hal penting yang dibutuhkan dalam perjalanan seperti pom bensin, tempat istirahat yang memadai, dan lain-lain.

Untuk memperkenalkan Haikers.id kepada khalayak, Abie menggunakan pendekatan organik dengan memanfaatkan teknologi digital seperti media sosial. “Media komunikasi utama yang kami gunakan adalah media sosial, bisa jadi melalui viral ataupun referral dari orang lain,” ucapnya.

Pembaruan atau update seperti penambahan fitur untuk aplikasi pun disebutnya menjadi faktor vital agar user terus bertambah. Inovasi terhadap Haikers.id yang terus dilakukan bersama timnya juga menjadi solusi agar user tidak merasa bosan hingga meng-uninstall aplikasi ini.

haikers.id

Berbicara pengembangan bisnis, Haikers.id mendapat dukungan investasi dari Frontier Capital. Sebagai investor utama, Frontier Capital membantu dalam membangun fondasi yang kuat. Abie menambahkan, “Kami memiliki rencana, dan saat ini kami benar-benar bootstrap dan hanya menjalankan apa yang perlu dilakukan sampai aplikasi ini mempunyai user yang signifikan. Misal 5.000 user dan tentunya mendapatkan data-data dari aktivitas user sehingga kami bisa menarik investor lainnya untuk bergabung.”

Dukungan dari Frontier Capital ini membuatnya optimistis akan masa depan Haikers.id. Tapi untuk saat ini, ia sangat realistis dengan targetnya, yaitu agar Haikers.id bisa memberikan manfaat bagi user. “Ya, kami sudah pasti punya rencana yang profitable, namun mimpi besar kami adalah semakin banyak orang yang terbantu dan mendapat manfaatnya baik secara sosial maupun ekonomi,” tandasnya.

 

Wicaksono

 

MM.01.2018/W

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top