Layanan FICP (FedEx International Connect Plus) memungkinkan pemilik bisnis online di Indonesia menjangkau pelanggan globalÂ
Marketing.co.id – Berita Marketing | Federal Express Corporation (FedEx) baru-baru ini memperluas layanan FICP (FedEx International Connect Plus) ke Indonesia untuk mengiriman eCommerce internasional yang andal dan hemat.
Sebelumnya, layanan ini telah tersedia untuk pemilik bisnis online yang beroperasi di beberapa pasar di Asia Pasifik seperti Tiongkok, Hong Kong SAR, dan Jepang. Kini, pemilik bisnis online di Indonesia dapat melakukan pengiriman internasional dengan hemat ke berbagai tujuan utama di Amerika Serikat dan Eropa.
Perluasan jangkauan ini sejalan dengan komitmen FedEX untuk mendukung pertumbuhan eCommerce antar negara dari Asia ke Amerika Serikat dan Eropa. Penjualan eCommerce di Asia diproyeksikan akan mencapai USD 13,209 miliar pada 2030, yang tumbuh dengan CAGR 17,6% dari 2023 hingga 2030.
Pasar eCommerce di Indonesia masih terlihat menjanjikan dengan Gross Merchandise Value (GMV) sebesar USD 59 miliar pada 2022. Angka ini diproyeksikan akan meningkat menjadi USD 95 miliar pada 2025, dan berpotensi mencapai USD220 hingga 360 miliar pada 2030.
Dengan ekspansi ini, penjual di eCommerce Indonesia kini dapat menawarkan solusi pengiriman internasional kepada pelanggan mereka dengan harga yang terjangkau, juga memastikan sebagian besar pengiriman akan dikirim dalam waktu 2 hingga 3 hari kerja ke Amerika Serikat dan Eropa.
Manfaat utama layanan FICP bagi pemilik bisnis online dan pelanggan meliputi:Â
- Nilai yang lebih besar – FICP memungkinkan bisnis memperoleh harga yang lebih murah serta pengiriman tepat waktu kepada para pelanggan dengan mencocokkan penawaran menarik yang sesuai dengan kebutuhan pengiriman mereka.
- Fleksibilitas dan Kontrol – Selain pengantaran ke rumah, pemilik bisnis online dapat memberikan pilihan kepada para pelanggan mereka untuk mengambil sendiri paket mereka dari ratusan lokasi pengambilan yang tersedia, juga opsi untuk mengubah tanggal dan lokasi pengiriman.
- Integrasi yang Mudah – Solusi otomatisasi pengiriman online dan offline tersedia bagi pemilik bisnis online untuk menikmati pengalaman paperless.
- Ketenangan pikiran – Fitur pelacakan FedEx memberikan visibilitas kepada pemilik bisnis online dan pelanggan mereka di seluruh rangkaian proses pengiriman.
“Kami bukan hanya penyedia layanan logistik; kami merupakan mitra terpercaya yang berdedikasi untuk memberdayakan UMKM dan bisnis eCommerce lokal Indonesia dengan portofolio solusi logistik yang komprehensif serta alat digital yang canggih. Kami membantu bisnis lokal untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi dan memasuki pasar global dengan berani,” ujar Garrick Thompson, Managing Director FedEx Indonesia.
Menurutnya, FedEx bertujuan untuk mendorong pertumbuhan bisnis lokal Indonesia dan UMKM dengan memberikan opsi pengiriman yang lebih cepat dan hemat melalui fitur logistik end-to-end yang otomatis. Peluncuran layanan FICP merupakan komitmen FedEx untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dan mempercepat pertumbuhan eCommerce antar negara di kawasan yang dinamis ini.
“Layanan ini bukan hanya membantu menyederhanakan proses ekspor, tetapi juga akan membantu bisnis di Indonesia menjangkau pasar global dengan lebih efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. Kami tidak hanya memfasilitasi perdagangan; kami juga mendorong pertumbuhan lanskap eCommerce Indonesia yang dinamis,” pungkasnya.
FedEx menyediakan Solusi eCommerce menyeluruh yang memudahkan pemenuhan pesanan menjadi lebih efisien bagi para penjual, sekaligus menghadirkan kenyamanan dan keandalan bagi pelanggan yang akan menerima kiriman. FICP hadir dengan keandalan layanan pengiriman internasional FedEx yang memiliki jaminan kepastian pengiriman, serta ditambah dengan keandalan dalam pengurusan bea cukai.
Layanan ini juga didukung dengan fitur pelacakan, pengiriman notifikasi kepada penerima, serta opsi pengiriman yang fleksibel dan fitur visibilitas melalui FedEx Delivery Manager® International. FICP juga menawarkan bukti pengiriman bergambar untuk memberikan konfirmasi visual pengiriman dan meyakinkan penerima bahwa paket mereka telah terkirim, meskipun mereka tidak berada di rumah untuk menerimanya.