Hadiri Seoul ADEX 2023, Republikorp Tandatangan Kontrak Dengan LIG Nex1

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | The Seoul International Aerospace and Defense Exhibition, atau dikenal dengan Seoul ADEX 2023, merupakan pameran peralatan pertahanan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali di Seoul, Korea Selatan. Tahun ini, penyelenggaraan diadakan sejak hari Selasa (17/10) hingga 22 Oktober 2023. Terdapat lebih dari 500 perusahaan internasional dari 34 negara yang berpartisipasi, salah satunya Republikorp.

Perusahaan asal Indonesia ini sukses menjalin kontrak kerja sama strategis pada hari pertama pameran dengan perusahaan asal Korea Selatan LIG Nex1. Kedua pihak berkomitmen memproduksi dan alih teknologi untuk beragam jenis rudal, seperti rudal Raybolt buatan negara ginseng tersebut. Upacara penandatanganan diadakan di Pangkalan Udara Seoul di Seongnam, Provinsi Gyeonggi di mana ADEX 2023 diadakan.

Menurut Norman Joesoef, pendiri Republikorp, kerja sama ini merupakan bukti kepercayaan dari level internasional terhadap perusahaan asli Indonesia terkait industri pertahanan. Menurutnya, industri militer di Indonesia sudah sangat maju dan mayoritas menggunakan tenaga ahli anak bangsa sendiri.

“Ini sangat membanggakan dan suatu kehormatan bagi kami pada khususnya, dan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, bahwa untuk kesekian kalinya kita dipercaya oleh perusahaan teknologi pertahanan dari negara lain yang ingin bekerja sama dengan kita. Sebelumnya pun kita sudah menjalin kontrak jangka panjang dengan perusahaan dari negara-negara lain. Apa yang kami dapatkan hari ini merupakan rangkaian dari kepercayaan-kepercayaan yang telah kami terima sebelumnya dari pemain industri internasional,” tuturnya saat diwawancarai di Seoul, Selasa (17/10).

LIG Nex1 adalah perusahaan pertahanan asal Korsel yang bergerak di bidang riset, pengembangan, dan produksi berbagai macam alat sistim pertahanan seperti rudal ground-to-ground, ground-to-air, dan sea-to-sea yang telah diadopsi oleh berbagai angkatan bersenjata di dunia.

“Kami sangat antusias untuk memulai kerja sama ini dengan LIG Nex1 untuk meningkatkan kemampuan produksi dalam negeri pada peralatan teknologi bernilai tinggi, seperti peluru kendali. Kami berharap kerja sama ini akan semakin meningkatkan hubungan baik kedua negara,” lanjutnya.

Menurut Presiden LIG Nex1 Lee Hyeon- kata Soo, perjanjian yang baru ditandatangani ini bertujuan untuk meresmikan kerja sama antara kedua belah pihak di bidang pertukaran teknologi strategis, termasuk yang terkait dengan sistem peluru kendali anti-tank (ATGM) Raybolt Korea. Kolaborasi mengenai sistem ATGM akan berjumlah sekitar 35 miliar won ($26 juta).

“LIG Nex1 menantikan kemitraan strategis dengan Republikorp, dan perusahaan kami akan melakukan upaya terbaik untuk mencapai hasil yang lebih positif dalam waktu dekat dengan tujuan untuk memperkuat angkatan bersenjata Indonesia dan kemampuan industri pertahanan,” tuturnya.

Pemerintah Korea Selatan telah menetapkan target untuk mencapai USD 20 Miliar Dolar AS dalam ekspor pertahanan tahun ini, setelah tahun lalu mencatat rekor tertinggi USD 17,3 Miliar yang didukung oleh kesepakatan besar-besaran untuk mengirimkan berbagai sistem persenjataan ke Polandia, seperti Tank K2, Self-propelled Howitzer K9, peluncur roket multisiber Chunmoo, dan Pesawat Tempur Ringan FA-50.

LIG Nex1 adalah produsen kedirgantaraan dan pertahanan domestik dengan rangkaian produk termasuk rudal, amunisi berpemandu, sistem radar pengawasan dan pengintaian. Korea Selatan adalah salah satu pemasok sistem senjata terbesar bagi militer Korea dan eksportir senjata internasional.

Di bawah slogan “Smarter Together”, perusahaan pertahanan ini memamerkan serangkaian teknologi mutakhir di ADEX, termasuk Korean GPS Guided Bomb (KGGB) dan Korean Air-Launched Cruise Missile (KALCM), serta sistem senjata berbasis darat termasuk Raybol, serta sistem drone.

Selain pameran persenjataan, Seoul ADEX 2023 juga menghadiri demo dari pesawat tempur berbagai negara baik Solo-Demo Flight, Aerial Acrobatic maupun Search & Rescue. Terdapat pula outdoor exhibitions yang meliputi aircraft, amunisi dan ground equipment. Aircraft meliputi fixed-wing, rotary-wing, UAV dan Civil Space Launch Vehicle.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here