Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Hadapi New Normal, Telkom Terus Perkuat Digital Connectivity

Marketing.co.id – Berita Hari Pelanggan Nasional 2020| Pandemi Covid-19 bak dua sisi mata uang bagi dunia bisnis. Di satu sisi pandemi telah mengubah habit masyarakat, termasuk perilaku konsumen. Namun, di sisi lain menjadi peluang perusahaan berinovasi untuk menciptakan produk dan layanan yang sesuai.

Peluang ini pula yang dimanfaatkan Telkom Group dalam mengembangkan digital connectivity secara masif guna menghadapi era new normal. “Latar belakangnya ada perubahan perilaku konsumen, dimana masyarakat bekerja dan belajar di rumah yang membutuhkan layanan internet dan hiburan,” kata FM Venusia R, Director of Consumer Service PT Telkom Indonesia Tbk.

Alhasil, terjadi peningkatan permintaan, terutama dari pelanggan IndiHome. Telkom berupaya untuk semaksimal mungkin melayani pelanggan dengan menyiapkan infrastruktur fiber optic, meningkatkan kapastitas bandwich, mempercepat penyebaran infrastruktur dan pemeliharaan jaringan.

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional, Jadi Kesempatan IndiHome Buat Apresiasi Pelanggan

Menurut Venus perubahan perilaku konsumen terlihat dari meningkatnya pengguna internet di kategori edukasi, komunikasi, games dan e-commerce. Sebaliknya kategori travel mengalami penurunan yang cukup drastis.

“Tren bekerja dan belajar dari rumah mendorong kenaikan trafik internet secara signifikan dengan day peak growth 28,5% dan night peak growth 21,5%. Selain itu terjadi peningkatan penonton TV dan video conference. Tercatat ada 1,5 juta pelanggan per hari  yang mengakses video conference,” sebut dia.

Selama pandemi ini Telkom juga terus meningkatkan layanan pelanggan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Dimana, saat penanganan gangguan layanan, semua teknisi diwajibkan menggunakan alat perlindungan diri (APD).

Tak kalah penting Telkom terus mengedukasi kepada pelanggan agar menggunakan layanan virtual untuk komplain maupun kebutuhan layanan lainnya, melalui myIndiHome dan virtual Plasa Telkom yang bertujuan menghindari face to face . “Telkom menyediakan 3.600 wifi corner dan membuka green zone tapi tetap mengikuti protokol kesehatan,” beber Venus.

Baca juga: e-Sungkeman, Silaturahmi Virtual Bebas Kuota ala IndiHome

Inovasi digital juga menjadi fokus Telkom dalam menghadapi pandemi. Konkretnya Telkom  menghadirkan virtual music concert, telemedicine, SME goes online, work & learn from home, iKonser, online consultation, innovation for SME dengan menggunakan CR Code untuk pembayaran dan innovation WFH & LFH melalui Ruang Trampil IndiHome Study.

Yang menarik Telkom juga mengembangkan aplikasi PeduliLindungi untuk membantu pemerintah melakukan tracing, tracking dan fencing penderita Covid-19. “Melalui aplikasi ini dapat menelusuri orang yang terduga terinfeksi, memberikan status ODP dan mengawasi status dan proses karantina,” terang Venus.

Dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional yang diperingati pada 4 September 2020, Telkom khususnya IndiHome telah menyiapkan beragam program menarik, diantaranya upgrade speed internet, yakni kenaikan kecepatan internet secara gratis untuk pelanggan tertentu.

Selanjutnya ada open channel, dimana pelanggan prioritas bisa mendapatkan open channel IndiHome. Selain itu, diberikan diskon tagihan dengan melakukan pembayaran melalui e-commerce. “Pelanggan bisa melakukan pembayaran dari rumah, tidak perlu ke ATM ataupun datang ke Plasa Telkom,” pungkas Venus.

 Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top