Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Grup Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto), produsen bumbu masak yang telah berkembang bersama keluarga Indonesia selama lebih dari 55 tahun, kini menetapkan tujuan baru yang lebih luas dengan fokus pada kesejahteraan manusia, masyarakat, dan keberlanjutan lingkungan. Dengan perhatian besar pada masalah gizi, kesehatan, dan lingkungan yang dihadapi Indonesia, Ajinomoto berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam mengatasi tantangan ini melalui pendekatan yang inovatif dan berkelanjutan.
Indonesia masih menghadapi permasalahan gizi, seperti gizi buruk pada anak-anak, serta gangguan kesehatan terkait penyakit metabolik seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Selain itu, masalah lingkungan seperti polusi udara, sampah plastik, dan pengelolaan sampah yang buruk turut menjadi fokus perhatian Ajinomoto.
Sebagai respons terhadap masalah-masalah tersebut, Grup Ajinomoto Indonesia telah merumuskan filosofi perusahaan yang berfokus pada tujuan yang lebih besar, yakni “Memperkuat kesejahteraan yang berkelanjutan bagi manusia, masyarakat, dan bumi melalui AminoScience.” Dengan tujuan ini, Ajinomoto berkomitmen untuk mengembangkan produk dan solusi yang tidak hanya mendukung kesehatan manusia tetapi juga berkontribusi pada kelestarian bumi.
Naoto Minemura, Presiden Direktur Grup Ajinomoto Indonesia, menyatakan, “Kami bangga menggunakan kata ‘AminoScience’, yang menjadi ciri khas dan kekuatan Ajinomoto, sebagai inti dari tujuan baru kami. AminoScience adalah istilah kolektif yang merujuk pada penemuan, teknologi, dan aplikasi yang berasal dari penelitian kami mengenai asam amino. Dengan tujuan ini, kami yakin dapat mendukung masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dan mengurangi dampak lingkungan kami sebesar 50% pada tahun 2030.”
Ajinomoto Indonesia berfokus pada dua aspek penting dalam mencapai tujuannya, yaitu kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan. Salah satu langkah utama adalah peluncuran inisiatif Ajinomoto Health Provider yang bertujuan untuk menciptakan nilai bersama (shared value) yang mencakup peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui asupan gizi seimbang dan pengurangan dampak lingkungan yang dihasilkan oleh operasi perusahaan.
Inisiatif Ajinomoto Health Provider adalah bagian dari prinsip ASV (Ajinomoto Group Creating Shared Value) yang sejalan dengan AGW (Ajinomoto Group Way). ASV menekankan pentingnya menciptakan nilai ekonomi yang juga memberikan solusi terhadap masalah sosial, sedangkan AGW mencerminkan nilai dasar Ajinomoto yang mencakup semangat kepeloporan, kontribusi sosial aktif, dan penghargaan terhadap sesama.
Sebagai bagian dari transformasi ini, Ajinomoto Indonesia juga mentransformasikan seluruh karyawan menjadi bagian dari Ajinomoto Health Provider dengan memberikan pengetahuan mengenai gizi seimbang yang mendukung kesehatan manusia serta upaya keberlanjutan di bidang lingkungan. Melalui upaya ini, Ajinomoto berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, dengan menyediakan solusi bagi peningkatan kualitas hidup melalui pola makan sehat dan pelestarian alam.
Naoto Minemura menambahkan, “Kami berharap dengan berbagai inisiatif yang telah kami lakukan, dan yang akan terus kami jalankan, Ajinomoto dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi untuk kemajuan bangsa Indonesia, menciptakan masyarakat yang sehat, dan menjaga kelestarian lingkungan agar tetap hijau dan bersih.”