Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Growth Hacking: Strategi Marketing Baru Era Digital

pic source: 500.co

pic source: 500.co

www.marketing.co.id – Pernahkah Anda mendengar Growth Hacking? Kira-kira, makanan macam apaan tuh? Kalau Anda belum mengetahui Growth Hacking, pernahkah Anda mendengar perusahaan-perusahaan Amerika era digital yang tumbuh dengan kecepatan eksponensial seperti Dropbox, Linkedin, AirBnB, termasuk yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu Facebook dan Twitter? Supaya Anda tahu, perusahaan-perusahaan yang saya sebut tadi adalah para pelaku Growth Hacking.

Definisi Growth Hacking

Growth Hacking adalah teknik marketing yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan startup bidang teknologi dengan berbasis kreativitas, kemampuan berpikir analitis dan metrik-metrik sosial untuk menjual produk dan mendapatkan pemberitaan / publikasi (Holiday, Ryan (17 Desember 2012), Fast Company).

Manfaat Growth Hacking

Para pelaku Growth Hacking, yaitu para Growth Hackers  adalah kumpulan individu dengan penguasaan level mahir mengenai teknik SEO (Search Engine Optimization), analisa situs, pemasaran konten dan A/B testing yang sudah digunakan secara umum.

Para growth hackers sangat berguna bagi perusahaan-perusahaan yang masih di level awal dan memiliki keterbatasan anggaran. Karenanya mereka memiliki kepandaian menemukan alternatif-alternatif selain pemasaran tradisional yang menelan banyak anggaran, misalnya beriklan di media televisi atau media cetak.

Contoh hasil-hasil yang dapat diperoleh melalui growth hacking antara lain meningkatkan fans/ followers di jejaring sosial, menambah jumlah unduhan mobile application, meningkatkan jumlah pengunjung ke situs, dsb.

Contoh kasus praktik Growth Hacking yang sukses antara lain:

  • Hotmail.com. Awalnya adalah sebuah startup yang memberikan layanan email secara gratis. Hotmail menjadi populer karena memberikan catatan kaki pada setiap email yang dikirimkan ke penggunanya yang berbunyi : “Get your free email at Hotmail”  beserta tautan yang ditujukan untuk mendaftar akun hotmail. Dalam waktu singkat Hotmail memperoleh pengguna sebanyak 12 juta pengguna, sehingga Microsoft mengakuisisinya pada tahun 1997 sebesar $400 juta.
  • AirBnB. Adalah platform ecommerce khusus untuk kamar sewaan. Setiap pengguna yang menyewakan kamar dengan menggunakan jasa AirBnB, akan otomatis dipublikasikan pada Craiglist, sebuah layanan classified yang sangat populer di Amerika. Hal ini membuat kamar-kamar yang disewakan di AirBnB menjadi cepat laku dan orang yang ingin menyewakan kamarnya berbondong-bondong membuat akun di AirBnB.

Masih banyak praktik lainnya tentang bagaimana metode “Growth Hacking” dapat membangun sebuah perusahaan dan produk digital dengan sangat cepat (eksponensial).

Satu hal pasti, metode ini telah menjadikan profesi Growth Hacker banyak dicari perusahaan digital termasuk yang sudah memiliki nama besar Google dan Microsoft. (Ridho Irawan – CMO eXo Digital Agency dan Andika Priyandana – Editor-in-Chief Marketing.co.id)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

1 Comment

1 Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    To Top