Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika Luncurkan AdClaim untuk Optimalisasi Layanan BPJS 

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia  (AAJI), pembayaran klaim asuransi kesehatan per kuartal III-2024 mencapai Rp 20,91  triliun, meningkat 37,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp  15,24 triliun.

Peningkatan ini disebabkan beberapa faktor utama, seperti inflasi  medis, yang mengacu pada kenaikan biaya pelayanan kesehatan dan jumlah pasien yang  membutuhkan perawatan. Inflasi medis mengacu pada kenaikan biaya pelayanan  kesehatan dan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan, sementara overtreatment  merupakan pemberian layanan medis yang berlebihan, yang berdampak pada naiknya  klaim asuransi dan tekanan finansial bagi perusahaan asuransi.

Di sisi lain, BPJS Kesehatan telah mencakup 276,52 juta jiwa atau 98,19% dari total  penduduk Indonesia. Namun, masih banyak layanan kesehatan yang tidak sepenuhnya ditanggung BPJS, sehingga asuransi swasta menjadi pelengkap penting untuk  mengurangi beban finansial peserta. Sejalan dengan itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  tengah mempersiapkan regulasi terbaru terkait skema Coordination of Benefit (CoB) guna  meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan klaim antara BPJS Kesehatan dan asuransi  swasta.

Meskipun skema CoB menawarkan potensi efisiensi, implementasinya masih menghadapi  tantangan, seperti kompleksitas administrasi dan keterbatasan koordinasi antar  pemangku kepentingan. Untuk menjawab tantangan ini, Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika menghadirkan solusi yang lebih terintegrasi melalui AdClaim Optimalisasi  BPJS. Great Eastern Life Indonesia merupakan perusahaan asuransi pertama yang  menerapkan skema program ini bersama AdMedika, menandai langkah inovatif dalam  industri asuransi kesehatan di Indonesia. Metode layanan ini menyederhanakan prosedur  klaim dan menstandarisasi informasi layanan kesehatan dengan BPJS sebagai first payor,  sehingga peserta dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih cepat dan nyaman.

Layanan AdClaim ini akan memberikan nilai tambah dari layanan eksisting yang dimiliki  klien Great Eastern Life Indonesia karena akan memberikan manfaat penggunaan BPJS  sebagai first payor sehingga akan mengoptimalkan benefit BPJS peserta, di mana selisih  biaya yang tidak ditanggung BPJS karena adanya kenaikan kelas kamar akan dibebankan  kepada asuransi.

Kerja sama ini merupakan satu langkah inovasi AdMedika sebagai TPA & B2B Digital  Health yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses administrasi, dengan  tetap memperhatikan kenyamanan peserta sesuai dengan tagline AdMedika yaitu Total  Health Solution.

CEO AdMedika Dian Prambini menyampaikan, “AdMedika siap mendukung dan bekerja  sama mewujudkan layanan kesehatan yang lebih baik, efisien, cepat dan transparan bagi  peserta. Dengan harapan kita bisa menjadi salah satu pioneer untuk mewujudkan  himbauan dari OJK dan himbauan dari Kemenkes, karena kerja sama ini terwujud tidak  hanya untuk mewujudkan efisiensi melainkan juga untuk kenyamanan peserta sehingga  pelayanan dapat diberikan secara optimal.”

Sebagai perusahaan asuransi yang mengutamakan kenyamanan nasabah dengan  pemanfaatan teknologi digital, Great Eastern Life Indonesia terus menghadirkan solusi  perlindungan kesehatan yang lebih mudah diakses dan efisien. Kemitraan dengan  AdMedika memberikan nasabah akses ke jaringan fasilitas kesehatan yang luas serta  pengalaman klaim yang lebih seamless tanpa hambatan administratif.

AdMedika sendiri telah bekerja sama dengan lebih dari 8.400 jaringan fasilitas kesehatan,  baik di Indonesia maupun luar negeri, termasuk di Malaysia, Singapura, India, dan China.  Dengan lebih dari 5,3 juta anggota, AdMedika terus mengembangkan inovasi berbasis  teknologi untuk memastikan pengelolaan klaim lebih cepat, akurat, dan transparan.  Hingga saat ini, AdMedika juga telah mendukung Great Eastern Life Indonesia dalam proses kerja sama layanan GREATHealth+ dengan beberapa rumah sakit untuk memberikan solusi perlindungan kesehatan lebih komprehensif bagi nasabah.

Head of Group Insurance Division Great Eastern Life Indonesia Daniel Herjun Putranto menambahkan, “Teknologi memainkan peran penting dalam menghadirkan layanan  kesehatan yang lebih baik bagi nasabah. Kemitraan dengan AdMedika memungkinkan  kami meningkatkan pengalaman layanan yang lebih seamless, sehingga nasabah dapat  mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah dan nyaman.”

Melalui kerja sama ini, Great Eastern Life Indonesia dan AdMedika berkomitmen  menghadirkan inovasi layanan kesehatan yang memprioritaskan kemudahan, efisiensi,  dan kenyamanan bagi nasabah, serta membantu masyarakat Jadi Hebat, Reach for Great!