Program Loyalitas Multi Manfaat

[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Hadi Surya Koe, Head of Marketing, GrabFood & GrabMart, Grab Indonesia

Program loyalitas di perusahaan yang menyandang status decacorn pertama di Asia Tenggara ini bertujuan mendorong pengguna agar tetap setia dan membantu Merchant mempertahankan pelanggan. Program loyalitas apa saja yang dimiliki?

Marketing.co.id – Berita Marketing | Sebagai salah satu perusahaan transportasi online terbaik di dunia, Grab terus berinovasi. Inovasi Grab terlihat dari makin beragamnya layanan yang dimiliki antara lain Grab Express, Grab Car, Grab Bike, Grab Food, Grab Taxi. Grab juga telah menjangkau hampir semua negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Perusahaan ini hadir di Indonesia sejak pertengahan tahun 2014 lalu.

Sebagaimana dituturkan Hadi Surya Koe, Head of Marketing, GrabFood & GrabMart, Grab Indonesia, sejalan dengan misi perusahaan untuk menghadirkan layanan yang mampu menjawab kebutuhan pengguna, baik konsumen maupun mitra, Grab terus konsisten melakukan ragam inovasi yang dapat memberikan kemudahan dan nilai tambah bagi para pengguna.

“Salah satu inisiatif yang kami lakukan yaitu menghadirkan program loyalitas yang tak hanya bertujuan agar pengguna tetap setia dan aktif, namun juga membantu Mitra Merchant untuk mempertahankan pelanggan. Saat ini, Grab memiliki beberapa program loyalitas bagi konsumen,” ujar Hadi.

Beberapa program loyalitas (loyalty program) tersebut yakni GrabRewards. Program ini memberikan banyak keuntungan bagi konsumen dengan cara menukarkan OVO Points yang terakumulasi ketika bertransaksi menggunakan saldo OVO (OVO Cash) untuk berbagai layanan Grab.

“OVO Points yang dimiliki konsumen dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik seperti voucer diskon e-commerce, diskon pembelian pulsa, donasi, dan berbagai pilihan lainnya yang tersedia di katalog GrabRewards,” kata Hadi.

Ada juga program loyalitas Stamp Cards yang bekerja sama dengan Merchant GrabFood. Program loyalitas Stamp Cards memungkinkan konsumen untuk mengumpulkan stamp saat melakukan pemesanan melalui GrabFood dan di kemudian hari menukarkannya dengan ragam manfaat seperti makanan gratis. “Program ini membantu Merchant meningkatkan loyalitas konsumen, baik untuk pembelian di aplikasi Grab maupun pembelian langsung di restoran/outlet melalui fitur Dine-In,” lanjut Hadi.

Program loyalitas lain yang tak kalah menariknya yaitu GrabUnlimited yang diluncurkan di Indonesia pada awal 2022. Paket berlangganan ini tak hanya menawarkan diskon untuk berbagai layanan Grab, namun juga potongan harga hingga gratis ongkos kirim untuk layanan tertentu.

Hadi menjelaskan, khusus untuk konsumen yang belum pernah berlangganan GrabUnlimited dapat mencobanya dan menikmati berbagai keuntungan berlangganan GrabUnlimited secara gratis selama delapan minggu. Setelah masa uji coba berakhir, konsumen dapat memilih dari tiga pilihan paket berlangganan dengan jangka waktu dan biaya berlangganan yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan mereka.

Adapun ketiga paket pilihan berlangganan tersebut mencakup paket berlangganan 2 minggu dengan harga Rp9.000, paket berlangganan 4 minggu dengan harga Rp14.000, dan paket berlangganan 8 minggu dengan harga Rp24.000.

“Berdasarkan data internal Grab pada Januari-Juli 2023, 2 dari 3 konsumen Grab di Indonesia yang paling banyak bertransaksi merupakan pelanggan GrabUnlimited. Rata-rata pelanggan GrabUnlimited berbelanja 2,7 kali lipat lebih banyak per bulannya dibandingkan konsumen lainnya,” ungkap Hadi.

GrabUnlimited Dongkrak Loyalitas Konsumen dan Transaksi

Lebih jauh Hadi menuturkan, paket berlangganan GrabUnlimited mendorong loyalitas konsumen dan peningkatan bertransaksi di Grab. Pada kuartal ketiga tahun lalu, pelanggan GrabUnlimited di Asia Tenggara bertransaksi 4,2 kali lebih tinggi untuk pengantaran makanan dan memiliki tingkat retensi rata-rata selama 6 bulan atau kira-kira 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan konsumen yang tidak berlangganan GrabUnlimited.

“Kami berharap ragam program loyalitas yang dihadirkan dapat mendorong konsumen untuk terus bertransaksi di aplikasi Grab sembari mendapatkan manfaat lebih, sehingga turut berkontribusi terhadap pendapatan para Mitra Grab, baik Mitra Pengemudi maupun Merchant,” bebernya.

Hadi juga menegaskan, untuk menganalisis dan mengukur performa program loyalitas di Grab, pihaknya melihat beberapa faktor seperti tingkat retensi keanggotaan, tingkat partisipasi konsumen, perbandingan pengeluaran konsumen, serta pertumbuhan pangsa pasar. “Faktor- faktor tersebut dapat menjadi indikasi untuk performa program loyalitas yang kami tawarkan,” tandasnya.

Program loyalitas masih akan menjadi inisiatif yang diimplementasikan Grab untuk memberikan nilai lebih kepada pengguna. Sebagai informasi, tahun ini, Grab sedang melakukan uji coba terhadap tingkat keanggotaan VIP bagi pelanggan GrabUnlimited. Pelanggan yang tergolong dalam tingkat keanggotaan tersebut nantinya dapat menikmati manfaat eksklusif, seperti dukungan pelanggan prioritas.

“Kami juga berkolaborasi dan mendorong lebih banyak Merchant untuk membuat penawaran eksklusif untuk anggota program GrabUnlimited maupun program loyalitas Stamp Cards,” pungkas Hadi.

Tony Burhanudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here