Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

GR Goro Hadir Membina UKM Indonesia

Marketingcoid – UKM merupakan kelompok usaha dengan jumlah paling besar, bahkan terbukti mampu bertahan dari berbagai goncangan krisis ekonomi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 99,9% unit usaha atau sekitar 57 juta unit usaha di Indonesia merupakan unit usaha UMKM. 

Kementerian Perindustrian merilis, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto meningkat dari 57,84% menjadi 60,34% dalam lima tahun terakhir. Tak hanya itu, penyerapan tenaga kerja pun meningkat pada sektor ini yaitu dari 96,99% menjadi 97,22% pada periode yang sama.

Melihat kondisi tersebut, potensi penggerak ekonomi rakyat kecil ini tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Mengusung pemberdayaan tata ekonomi berlandaskan‘gotong royong’ (GoRo) dan berkeadilan, GORO menggandeng UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui GORO retail.

Milasari Kusumo Anggraini, Direktur Utama PT Berkarya Makmur Sejahtera mengatakan, pengembangan usaha GORO hadir sebagai percontohan pemberdayaan ekonomi UKM secara gotong royong. Wujudnya berupa retail toko bahan pokok atau gerai UKM yang melibatkan banyak pemasok di tingkat petani, peternak, di level ekonomi mikro.

“Respon positip datang dari para supplier kami, semoga dengan hadirnya GORO menjawab kebutuhan pokok masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya untuk masyarakat kelas bawah dan menengah” ujar Milasari saat meresmikan GORO Grosir di Cibubur, Jakarta Timur (17/10).

Menurut Milasari, GORO Grosir Cibubur merupakan cabang kedua, sebelumnya Goro telah membuka retail Goro Dayung UKM di Bandung pada September 2018. Dengan konsep bisnisnya dari Goro Grosir yang akan berada di setiap kota besar di Indonesia, akan dikembangkan ke pelosok melalui Goro cart nya.

Tidak berhenti di situ, lanjut Milasari, yang di bentuk GORO adalah ekosistem yang mana termasuk pembinaan kepada para UKM dan peningkatan kualitas produk dan produktivitas dari usaha UKM serta mengarahkan dan pembinaan akses kepada pasar dan distribusi yang terarah. Ekosistem ini direkatkan dengan supply chain sistem teknologi yang robust.

“Hampir seluruh UKM di berbagai daerah memberikan respon positif, mereka sepakat untuk merapat dan bermitra dengan GORO. Dari workshop yang di lakukan minggu lalu di Gresik, antusias dari pengusaha mikro sangat besar dan tidak tanggung tanggung komitment 100 UKM akan menjadi mitra GORO,” ungkap Milasari.

 “Alhamdullilah kami bisa meresmikan multigrosir GORO hari ini di Cibubur. Saya rasa cukup mengejutkan dan telah melampaui ekspektasi awal kami, di mana pemberdayaan ekonomi melalui GORO ini dalam waktu singkat mendapatkan respon yang sangat baik dari berbagai daerah,” kata Hutomo Mandala Putra, Komisaris Utama PT Berkarya Sejahtera (pemegang produk Goro Retail) saat persmian retail GORO Cibubur.

Ke depannya, GORO akan terus mengembangkan sayapnya ke berbagai daerah di Indonesia. Hal ini dilakukan demi menggiatkan lagi prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan yang dapat menjangkau masyarakat hingga level bawah.

“Secara bisnis kami juga mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan menggunakan platform digital yang akan memudahkan calon konsumen kami,” pungkas Milasari, seorang profesional yang telah malang melintang di dunia bisnis ekonomi dan perbankan baik di dalam maupun di luar negeri.

1 Comment

1 Comment

  1. M yusri yusuf

    April 11, 2019 at 09:18

    Apakah GÒRO jg membuka kerjasama dgn org yg punya RUKO dan ingin menyalurkan produk GORO sbg agen , mohon diberi penjelasan dr Managemen GORO,salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top