Sadarkah Anda betapa seringnya Google muncul dalam keseharian kita selama ini?
Nah, baru-baru ini ramai disebut-sebut bahwa Google sedang mempersiapkan layanan belanja online “Google Shopping Express ” yang dimaksudkan untuk menyaingi Amazon Prime. Proyek ini dijalankan oleh Tom Fallows, manajer produk e-commerce Google.
Layanan ini akan lebih murah $10 atau $15 dibanding Amazon Prime, dan menawarkan layanan antar sehari sampai sebagaimana toko real seperti Target, Walmart, Walgreens dan Safeway.
Jika Anda mendaftar Amazon Prime, Anda akan dikenai $79. Anda bisa mengkases ke kumpulan streaming acara TV dan film e-books yang bisa diunduh via Kindle, dan 2 hari bebas biaya pengiriman untuk item-item tertentu yang dijual Amazon. Nah, sesuai gosip baru, Google Shopping Express akan menyainginya dengan layanan serupa namun dengan tarif lebih rendah, mungkin cuma $64 per tahun.
Amazon Prime sudah menuai sukses bertahun-tahun sebagai tempat belanja online terdepan. Jika benar Google Shopping Express jadi diluncurkan, maka akan menyaingi bukan saja Amazon Prime, namun juga eBay Now, Postmates ‘Get It Now’ dan bahkan start up kecil macam Instacart.
Patut diketahui bahwa Google baru-baru ini mengakuisisi Bufferbox dan Channel Inteligence. Hal itu berarti perusahaan ini bakal memodali BufferBox dan Channel Intelligence agar Google Shopping Express mampu mendominasi pasar retail dari online ke offline.
Bufferbox adalah perusahaan layanan hantaran paket, sedangkan Channel Intelligence adalah bisnis referral produk.
Google mungkin menggunakan loker penghantaran milik BufferBox untuk memfasilitasi pengapalan barang pesanan. Platform manajemen data milik Channel inteligence juga mungkin akan digunakan untuk mengkoordinasi penjualan dan pengantaran barang.
Akuisisi tersebut sungguh bermanfaat bagi Google, karena memberi kemampuan Google untuk mengirimkan pesanan dengan cepat, meskipun Bufferbox sendiri saat ini masih terbatas secara geografis.
Channel Intelligence, di sisi lain, fokus pada sisi online – menyediakan software dan layayan e-commerce untuk memudahkan penjual menawarkan barang mereka secara online.
Nah, kira-kira bagaimana sepak terjang Google melalui Google Shopping Express ini ? Mari Kita tunggu saja.
(Wachid Fz/Sumber : Techcrunch dan The Christian Science Monitor )