Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Google+ Bisa Menyalip Facebook di 2016?

facebook_vs_google_

Bisakah Anda membayangkan setiap jejaring sosial yang ada berkembang melebihi Facebook? Kemungkinan tidak, namun dulu juga hanya sedikit orang yang berani meramalkan tentang kejatuhan MySpace.

Sebuah laporan terbaru dari Searchmetrics yang menganalisis lebih dari 30 triliun social signal menunjukkan total sharing Google+ bisa mengambil alih posisi Facebook di 2016.

Prediksi ini menyusul berbagai laporan terbaru di Google+. Beberapa laporan lainnya  mengklaim itu Google+ lebih besar dari Twitter, sementar yang lain mengatakan bahwa media sosial ini tak ubahnya seperti kota hantu.

Google+ vs Facebook

Beberapa tahun ke depan Facebook masih akan mendominasi, namun Google+ terus tumbuh dengan sangat cepat. Mengukur kekuatan dua jejaring sosial ini di Amerika antara Januari 2012 sampai April 2013, aktivitas Google+ meningkat 788%.

Meskipun pertumbuhan Facebook lebih moderat sekitar 202%, namun jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini masih terlalu besar jika dibandingkan dengan Google+. Angka absolut dari total share di Facebook masih 15 kali lebih besar dari Google+. Meskipun raksasa media sosial masih akan terus memimpin, Google+ tampaknya akan bisa menyalipnya.

Hal itu bukan tanpa alasan. Kita tahu Google memiliki banyak layanan – Gmail, Drive, dan Analytics – yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk tidak mendaftar ke akun Google.

Lebih luas lagi berasal dari Android pada smartphone, yang membuatnya mewajibkan bagi pengguna untuk login atau membuat akun Google+. Belum lagi Google baru saja mengumumkan sistem operasi Android telah mencapai lebih dari 900 juta aktivasi.

google_facebook_shares_us

Bilamana Google lebih besar dibanding Facebook?

Jika pertumbuhan ini terus berlanjut, pertanyaannya bukan apakah Google+ bisa lebih besar dari Facebook, melainkan kapan? Seperti disebutkan dalam penelitian ini, beberapa faktor eksternal telah mengubah cara jejaring sosial berkembang, dan tingkat pertumbuhan yang terus berubah.

Tapi melihat tingkat pertumbuhan jumlah social share kedua raksasa dalam enam bulan terakhir, Facebook terlihat lebih rendah dari Google+. Rata-rata pertumbuhan bulanan Facebook hanya 10%, sementara Google+ sebesar 19%.

Jika laju pertumbuhan ini terus berlanjut, Google+ akan mengambil alih posisi Facebook dalam waktu tiga tahun, tepatnya Februari 2016!

google_facebook_prediction_us

Mungkin Google+ akan terus tumbuh pada kecepatan yang luar biasa dan secara perlahan akan semakin mendekati Facebook. Masalahnya, meskipun Google memiliki keunggulan untuk mendorong penguna baru bergabung dengan Google+ melalui banyak aplikasi dan layanan, apakah mereka benar-benar menggunakan Google+?

Facebook memiliki lebih banyak orang dalam lingkarangnnya, sementara Google+ memberikan manfaat SEO untuk website. Tetapi akankah Anda dan teman-teman lainnya login ke Google+?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top