Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

“Gold 1” Nama Smartphone Anyar Advan

(Kiri-Kanan) Perwakilan Samsung Kamera Indonesia, Edward, Commercial and Bussines Development MARS, Suryo A. Soekarnao, Pakar Telekomunikasi, Hasnul Suhaimi, Sales Director ADVAN,Chandra Tansri, Brand Director ADVAN, Andy Gusena, CEO MARS, Asto Subroto, Perwakilan MediaTek China,Arthur dan Tj sedang menyepakati kerjasama untuk Mendukung ADVAN Wujudkan Smartphone Sesuai Kebutuhan Masyarakat

(Kiri-Kanan)
Perwakilan Samsung Kamera Indonesia, Edward, Commercial and Bussines Development MARS, Suryo A. Soekarnao, Pakar Telekomunikasi, Hasnul Suhaimi, Sales Director ADVAN,Chandra Tansri, Brand Director ADVAN, Andy Gusena, CEO MARS, Asto Subroto, Perwakilan MediaTek China,Arthur dan Tj sedang menyepakati kerjasama untuk Mendukung ADVAN Wujudkan Smartphone Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Akhirnya bocoran nama produk terbaru Advan terungkap dalam paparan hasil riset Advan-Mars. Produk tersebut akan diberi nama “Gold 1” dan rencananya akan diluncurkan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2016 mendatang.

Bocoran lain dari Gold 1, sebagaimana diungkapkan Andy Gusena, Brand Director Advan, smartphone tersebut akan berukuran 5 inci, mudah digenggam, dan dijual dengan rentang harga Rp2 – Rp3 juta. Advan rupanya tidak main-main dalam peluncuran kali ini. Dengan menggandeng perusahaan riset Mars, Advan melakukan riset pasar. Proyek riset ini dipimpin Hasnul Suhaimi, pakar telekomunikasi dan mantan CEO XL Axiata.

Riset pasar dimaksudkan agar produk yang dilepas ke pasar nantinya sesuai dengan keinginan konsumen (customer oriented). Suryo A. Soekarno, Commercial & Business Development Director Mars research specialist mengatakan, jumlah responden dalam riset pasar ini mencapai 209 responden dengan pengeluaran berkisar Rp 3 – Rp9 juta.

Dari hasil riset tersebut terungkap, lebih dari 56% responden mengganti smartphone lama dengan yang baru antara 1-2 tahun. Sebanyak 20.6% mengganti setelah lebih dari 2 tahun. Hanya (1,4%) responden yang melakukan pergantian smartphone lama dengan yang baru kurang dari 3 bulan pemakaian dan 2,4% responden mengganti smartphone setelah 4-6 bulan pemakaian. Alasan utamanya mereka mengganti smartphone lama dengan smartphone baru karena sudah ingin mencari model terbaru (31%) dan karena smartphone yang lama sudah rusak (19%).

Yang paling dikeluhan oleh responden dalam menggunakan smartphone daya tahan baterai yang cepat habis (33,5%), cepat panas (14,4%), dan browsing lambat / lama (14,8%). Sedangkan untuk fitur yang paling dicari masyarakat Indonesia saat ini adalah Smartphone tipis dengan berat kurang dari 140 gram, Layar 5 Inci, Dual Camera, Dual Sim Card, RAM – internal memory besar, Kecepatan Processor diatas 1.8 GHz, kapasitas baterai lebih dari 2500 mAH, dan OS Android.

Terkait persepsi terhadap smartphone lokal, Suryo mengatakan, sebanyak 23% responden mengatakan smartphone lokal kurang bagus dan 7% mengatakan cepat rusak. Sebanyak 44% responden menuntut smartphone lokal yang berkualitas dan 9% mengatakan fiturnya harus canggih. “Mereka juga menginginkan adanya aplikasi lokal seperti Gojek dan Grab di smartphone lokal,” jelas Suryo dalam jumpa pers paparan hasil riset di Kuningan Suite, Jakarta (6/6).

Hasil tersebut menjadi acuan Advan untuk memproduksi smartphone terbarunya. Andy mengungkapkan, Gold 1 akan menggunakan bahan material metal. “Desainnya akan mirip Iphone,” tandas Andy.

Jika pada produk-produk terdahulu Advan lebih mengedepankan feature experiences, pada Gold 1 Advan akan fokus pada kualitas untuk memberikan user experience.

Hasnul Suhaimi selaku pimpinan proyek membenarkan sinyalemen Andy. Gold 1 katanya secara kualitas akan mirip Iphone (Iphone wannabe). Dia sempat menyebut fenomena NexianBerry beberapa waktu lalu yang sukses mengekor Blackberry beberapa tahun lalu.
“Ini bukan produk abal-abal, kalau abal-abal buat apa saya bergabung dalam proyek ini,” kata Hasnul.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top