Generasi Kedua Xenia-Avanza Siap Ulang Sukses

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Jakarta, marketing.co.id- Mengenyam kesuksesan selama 7 tahun dengan produk Avanza-Xenia, Toyota Motor Corporation, Japan (TMC) – PT Astra International Tbk (AI) – Daihatsu Motor Company Ltd Japan (DMC) memutuskan untuk melanjutkan sinergi dengan melahirkan generasi penerus Avanza-Xenia.

Sinergi ini dikukuhkan lewat sebuah seremoni yang digelar di Ballroom Hotel Ritz Carlton SCBD Jakarta, Senin (7/11), sekaligus memperkenalkan generasi kedua kendaraan, All New Avanza- All New Xenia kepada publik.

Acara ini sendiri dihadiri oleh Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, Managing Officer TMC Hiroji, Onishi dan Koichi Ina (President DMC).

Sinergi ini merupakan komitmen Toyota Global yang menaungi sejumlah merk otomotif terkemuka seperti Daihtsu, Lexus dan Hino untuk selalu memberikan yang terbaik sesuai kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2004, Avanza-Xenia langsung merebut hati masyarakat Indonesia berkat daya guna, efisiensi, serta harga kompetitif yang ditawarkan. Sejak diluncurkan Januari 2004 hingga Oktober 2011 penjualan kendaraan ini mendekati angka 1 juta unit dan memiliki kontribusi sebesar 22% dari total pasar otomotif nasional.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto, memaparkan bahwa produksi Avanza-Xenia telah menggunakan kandungan komponen lokal sebesar 85% dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Tidak kurang dari 1.000 perusahaan terlibat dalam produksi Avanza-Xenia. Dari pihak Astra saja meliputi sekitar 55.730 tenaga kerja. Belum lagi dari perusahaan penunjang lainnya yang jika ditotal bisa mencapai 500.000 orang,” kata Prijono.

Dengan melihat permintaan masyarakat terhadap dua kendaraan tersebut yang terus meningkat, itu berarti semakin banyak kendaraan yang harus diproduksi yang secara otomatis semakin membuka lapangan kerja lainnya. Hal ini berlaku di industri jasa di jajaran distribusi, jasa penjualan, asuransi hingga layanan purna jual yang ikut berkembang.

Hal ini juga berdampak positif terhadap pendapatan negara dan daerah, antara lain melalui kontribusi pajak baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kontribusi terhadap pendapatan negara diwujudkan dengan diekspornya Toyota Avanza hingga ke-27 negara mulai dari kawasan ASEAN, Amerika Selatan dan Timur Tengah hingga menembus angka 113 ribu unit sejak pertama kali diekspor pada 2004 hingga September 2011. (Hernawan/www.marketing.co.id)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here