Gen Z Lebih Suka Promosi Influencer Ketimbang Word-of-Mouth

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Gen Z lebih percaya iklan media sosial daripada promosi dari mulut ke mulut.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Penelitian dari GoDaddy baru-baru ini menunjukkan bahwa pengaruh promosi dari mulut ke mulut (word-of-mouth) semakin berkurang di kalangan konsumen muda, dan para pemberi pengaruh (influencer) menjadi lebih populer di kalangan pembeli Gen Z.

Menurut survei GoDaddy terhadap 1.000 konsumen di AS ini, Gen Z semakin bergantung pada influencer dibandingkan teman, keluarga, dan rekan kerja untuk mengambil keputusan pembelian, yang menandakan adanya pergeseran dalam cara bisnis menjangkau audiens ini secara efektif.

Data GoDaddy juga menunjukkan perbedaan yang jelas antara perilaku pembelian Gen Z dan Milenial, khususnya di platform media sosial. Hampir 41% responden Gen Z lebih mempercayai produk atau layanan yang direkomendasikan influencer daripada iklan bisnis tradisional, sedangkan 46% generasi Milenial masih menaruh kepercayaan yang lebih tinggi pada iklan dari bisnis.

Pengaruh media sosial terhadap Gen Z dan Milenial

Survei ini menyoroti bahwa Gen Z dan Milenial menghargai sumber yang berbeda ketika memutuskan apa yang akan dibeli di media sosial:

Peringkat Pengaruh Gen Z:

  • Postingan dari influencer (57%)
  • Postingan dari bisnis yang mereka ikuti (54%)
  • Iklan di feed mereka (49%)
  • Postingan teman (40%)

Peringkat Pengaruh Milenial:

  • Postingan dari bisnis yang mereka ikuti (57%)
  • Iklan di feed mereka (51%)
  • Postingan teman (48%)
  • Postingan dari influencer (44%)

Direktur Pemasaran GoDaddy Alycia Leno mengatakan, mengetahui bahwa konsumen Gen Z lebih mempercayai iklan media sosial dibandingkan rekomendasi dari teman merupakan hal yang sangat penting jika mereka adalah target audiens Anda. Insight tentang bagaimana setiap generasi berbelanja, terutama di media sosial, akan memampukan Anda untuk memikirkan kembali strategi menjangkau mereka.

Peran Media Sosial yang Terus Bertumbuh dalam Penemuan Produk

Survei ini juga mengungkapkan bahwa iklan media sosial tetap efektif untuk konsumen Gen Z dan Milenial. Dimana 55% dari Gen Z dan 47% dari Milenial secara teratur menggunakan media sosial untuk menemukan produk baru.

Lebih dari setengah Gen Z (53%) dan Milenial (57%) mengambil tindakan terhadap iklan yang ditayangkan di feed sosial mereka setidaknya setiap minggu. Sekitar 3 dari 10 Gen Z (28%) dan Milenial (32%) menganggap iklan media sosial berguna untuk mempelajari produk atau bisnis baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here