Portal Lengkap Dunia Marketing

XX N

Gebrakan BTPN di Digital Banking

Bisnis bank terus ber-evolusi mengikuti tren teknologi digital. Konsep digital banking pun mulai banyak diadopsi industri perbankan. Kemarin (11/8), PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) meluncurkan “Jenius”, sebuah aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu masyarakat dalam mengatur life finance secara lebih mudah, cerdas, dan aman melalui smartphone berbasis Android maupun iOS.

BTPN JENIUSMenurut Direktur Utama BTPN, Jerry Ng Jenius dipersiapkan selama 18 bulan. Fitur-fiturnya dikembangkan secara orisinal oleh BTPN. “Tanpa terasa, delapan belas bulan kami bekerja keras untuk mempersembahkan Jenius untuk Indonesia. Penelitian yang kami lakukan menunjukkan bahwa masyarakat digital savvy menginginkan praktek perbankan yang lebih mudah, cerdas, aman, dan semuanya dapat dilakukan melalui smartphone,” ujar Jerry pada saat peluncuran Jenius di Jakarta.

 

Jerry mengklaim, aplikasi ini merupakan pertama kali di Indonesia dan bahkan di Asia. Terobosan pada aplikasi tersebut $Cashtag, yang menjadikan nama nasabah sebagai nomor rekening. Jenius juga dilengkapi berbagai fitur unik, antara lain: Send It, untuk kirim uang baik ke rekening bank, nomor ponsel, atau alamat email – semuanya hanya dengan tiga langkah mudah. Pay Me, untuk mengirim permintaan uang. Split Bill, untuk berbagi tagihan dengan teman atau keluarga. Dream Saver, untuk membantu mewujudkan mimpi dengan menabung harian secara otomatis.

Untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang terkoneksi secara digital dengan mobilitas tinggi, Jenius terhubung dengan ekosistem perbankan nasional dan sistem pembayaran internasional melalui kartu debit Visa.

Dalam membangun ekosistem ini, Jenius berkolaborasi dengan beberapa partner yang relevan. Pada tahap awal BTPN menggandeng beberapa partner seperti GoJek, Spotify, BrightSpot, The Goods Dept, Indosat, XL, Telkomsel, elevenia, DinoMarket, dan Trafique Coffee.

Sasar Pengguna Smartphone

Aplikasi ini tidak ditujukan untuk mereka yang unbankable (yang belum tersentuh layanan perbankan) karena yang unbankable sudah dilayani dengan BTPN NOW . Aplikasi menyasar mereka yang sudah bankable, namun menuntut kemudahan dan fleksibiltas layanan perbankan. Pasar potensial aplikasi ini pengguna smartphone. “Pengguna smartphone sekitar 30% dari pengguna ponsel, Anda bisa hitung sendiri angkanya,” imbuh Jerry.

Founder/Co Founder of Future 10, The Goods Dept, dan Brightspot Market, Anton Wirjono menyambut baik terobosan BTPN. Ia meyakini di era digital setiap industri perlu berevolusi, termasuk industri perbankan. “Saya percaya, Jenius adalah aplikasi cerdas finansial pertama di Indonesia yang menjawab kebutuhan masyarakat digital savvy,” tuturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top