Marketing.co.id – Berita UMKMÂ | Tujuh brand produk F&B milik mahasiswa Universitas Ciputra, ikut hadir di SIAL InterFOOD 2024, pameran makanan dan minuman terbesar dan bergengsi di dunia.
Acara dua tahunan yang berlangsung dari 13-16 November 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, menjadi sebuah gebrakan bagi Universitas Ciputra karena bisa bertemu dengan produsen, distributor, pemilik restoran dan pelaku bisnis makanan dari berbagai penjuru dunia.
“Kami ingin memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk menghadapi konsumen sekaligus mengeksplorasi dinamika pasar yang sesungguhnya. Melalui partisipasi mahasiswa di SIAL InterFood, mereka bisa berinteraksi langsung dengan buyer, sesama exhibitor, menjalin jejaring dari berbagai pelaku industri serta melihat peluang bisnis baru,” ujar Christina, Vice Dean 1, School of Entrepreneurship and Humanities Universitas Ciputra (UC).
Sebanyak 7 brand produk dipersiapkan oleh mahasiswa UC, antara lain: Brown Ranger (brownis cereal), ABWANG (bawang goreng), CARI TEH (teh biji pepaya), SIJIE (sambal premium), JEYMARF’s (wine belimbing premium), RENJANA (kacang mete panggang), dan CROONCH CLUB (sus kering mini).
“Pameran ini menjadi media yang sangat penting bagi mahasiswa untuk belajar tentang pasar global sekaligus menguji kemampuan mereka dalam mempresentasikan dan mempromosikan produk,” imbuh Christina.
Untuk persiapan mengikuti SIAL InterFOOD 2024, para mahasiswa diberikan mentoring intensif bersama para ahli di bidang legalitas, pemasaran, dan strategi display produk. Para dosen pendamping juga memberikan dukungan agar mereka bisa tampil maksimal.
Kewirausahaan muda bukan cuma solusi untuk mengurangi ketergantungan pada konsumsi, tapi juga membuka peluang besar bagi produk lokal untuk bersaing di pasar global.
Inilah saatnya Generasi Milenial dan Gen Z untuk ambil peran!