Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Gebrak Pasar Hanya dengan Media Sosial

11593579-socialmediaiconsBanyak pengusaha yang berpendapat bahwa, jika ingin merek Anda dikenali, jangan sungkan untuk mengeluarkan anggaran lebih besar dalam berpromosi. Pernyataan itu lalu membuat marketer muda salah anggapan, menurutnya anggaran jadi sangat penting dan mempengaruhi proses marketing. Sebenarnya tidak juga, karena Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk sebuah gebrakan yang besar.

Namun bagaimana langkah – langkahnya?

Rencana – Tujuan

Seperti halnya semua sistem promosi, Anda perlu sebuah rencana untuk mencapai tujuan. Tanamkan tujuan Anda agar tetap kokoh, sementara rencana, dapat dikondisikan, tapi tetap tidak melenceng jauh dari rencana awal.

Tidak hanya itu, jangan terpaku pada jumlah. Karena tak perduli seberapa banyak jumlah followers di Twitter atau jumlah like di fanpage Facebook Anda, bila mereka tak perduli dengan apa yang Anda sebarkan, maka semuanya sia – sia. Akan lebih baik bila Anda mempunyai followers yang minimal aktif dalam me-‘like’ atau me-‘share’ tautan Anda. Dukungan mereka akan sangat sempurna dalam membangun brand ambassador.

Anda juga sebaiknya memikirkan faktor seperti, apa dampak yang timbul bila Anda menyebar tautan tersebut? Dan apa arah yang ingin Anda tuju?

Target

Identifikasi beberapa hal seperti,

–          Siapa target khalayak Anda dan mengapa?

–          Apa yang perlu mereka ketahui?

–          Mengapa mereka perlu tahu?

–          Apa untungnya bagi mereka?

Tak hanya mendapatkan khalayak, menjaga loyalitas khalayak juga perlu Anda lakukan. Ceritakan kisah Anda dengan perspektif mereka, agar mereka bisa ikut terlibat dalam tautan – tautan Anda. Pola pikir tiap orang memang tidak sama, tapi dengan mengidentifikasi apa kesukaan mereka, sangat mungkin bila mereka kemudian akan ikut terlibat.

Pesan

Tujuan sudah ada, target khalayak juga sudah terencana, maka langkah berikutnya Anda membutuhkan pesan. Bagaimana khalayak akan bereaksi sesuai tujuan Anda bila tak ada pesan yang keluar. Pesan yang Anda lemparkan bisa tentang:

–          Produk baru

–          Penjualan / special price

–          Event

–          Perubahan besar (baik produk, perusahaan, logo, atau apapun)

–          Penawaran spesial

–          Informasi yang harus diketahui khalayak, dan sebagainya

Melangkah

Meski telah dipikirkan secara masak, namun akan menjadi tidak mungkin bila Anda tidak melangkah. Maka menjalankan adalah tahap berikutnya. Anda juga perlu untuk melangkah maju, yakni memperbaharui berbagai hal yang menunjang tujuan Anda. Misalnya dengan menambahkan blog, instagram, atau segala hal lain. Untuk menjalankan strategi, Anda perlu melakukan hal seperti,

–          Mengikutsertakan audiens

–          Berbicara dengan audiens

–          Menanggapi audiens

–          Mengamati audiens

–          Jadi diri sendiri

–          TIdak keluar dari jalur yang sudah di tetapkan.

Tetap fokus pada tujuan, target khalayak, dan pesan, akan membantu Anda memberikan tautan – tautan yang memukau.

Satu saran lagi, Anda perlu menggunakan model visual seperti gambar, untuk membuat khalayak semakin tertarik.

 

Sumber: PRDaily.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top