Portal Lengkap Dunia Marketing

Headline

Gaya Bugslock Mengusir Nyamuk

bugslock webGaya ternyata tidak melulu melekat pada produk aksesoris saja. Obat nyamuk juga bisa dijadikan alat untuk bergaya, seperti halnya Bugslock.

 

Bugslock. Boleh jadi, merek ini masih cukup asing terdengar di telinga Anda. Namun, pengusir nyamuk berupa gelang gaya ini telah familier digunakan di beberapa negara, seperti Singapura, Malaysia, dan Korea.

Sejatinya, produk ini milik perusahaan di Korea, bernama El Being. Kemudian pengusir nyamuk ini dipasarkan ke beberapa negara lewat sejumlah distributor. PT Aidac Niaga merupakan distributor yang pertama kali membawa Bugslock ke Indonesia, sekitar 1,5 tahun yang lalu. Hal ini mampu dilakukan Aidac lantaran perusahaan ini dipercaya oleh sole distributor regional El Being untuk Asean di Malaysia, untuk memasarkan Bugslock di Indonesia.

Bermula dari ketertarikan Edy Chandra, Business Development PT Aidac Niaga, yang melihat produk ini di sebuah minimarket di Malaysia. Hal itu mengantarkannya pada ide untuk mencoba memasarkan produk tersebut ke dalam negeri. Setelah mencari dan menemukan sole distributor Bugslock di Negeri Jiran itu, ia pun langsung mengutarakan niat untuk bekerja sama.

Setelah tercapai kesepakatan, Bugslock pun resmi diboyong ke Indonesia dan dipasarkan sampai sekarang. Awal masuk ke pasar, animo masyarakat cukup tinggi terhadap produk ini. Selain ampuh untuk mengusir nyamuk, bentuk Bugslock juga dinilai sangat fashionable.

“Karenanya, tidak heran bila sebagian besar konsumen Bugslock berasal dari kalangan anak-anak hingga remaja,” kata Edy.

Untuk orang dewasa, mungkin mereka merasa enggan memakainya karena acap kali gelang pengusir nyamuk ini dipandang sebagai produk yang kekanak-kanakan. Umumnya mereka membeli Bugslock hanya untuk diletakkan di tempat-tempat tertentu, seperti di tempat tidur bayi, di atas meja kerja, di dalam ruang tidur, dan lain-lain.

Operating Manager PT Aidac Niaga, Veny Hapsari, menambahkan bahwa Bugslock merupakan gelang pengusir nyamuk yang 100 persen aman dipakai untuk segala umur. Karena, bahan aktif yang dikandung Bugslock untuk mengusir nyamuk ini berasal dari bahan alami yang bernama Citronella Essential Oil.

Bahan ini terdapat pada minyak Atsiri yang sering digunakan sebagai obat gosok bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, Bugslock juga tidak mengandung DET, yakni bahan berbahaya yang kerap ditemukan pada obat pengusir nyamuk umumnya.

Menurut Veny, banyak orang yang belum mengetahui bahwa DET cukup berbahaya bagi tubuh. Bila terkena luka yang terbuka misalnya, zat ini sulit diurai dalam darah. Akibatnya, zat ini akan masuk ke dalam aliran darah, namun mengendap di bagian dalam tertentu dari tubuh.

Cara kerja gelang Bugslock yakni dengan mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Orang yang memakai gelang ini atau sekadar menaruhnya di tempat yang berdekatan dengan mereka, akan terhindar dari gigitan nyamuk.

Ditegaskan Veny, fungsi Bugslock hanya untuk mengusir atau menjauhkan nyamuk selang jarak tiga meter, dan tidak bisa membunuh nyamuk. Namun, katanya lebih lanjut, gelang ini bersifat reusable (bisa dipakai berulang-ulang) asalkan tidak tersentuh air, dan bisa bertahan hingga 120 jam.

Bisa dikatakan produk ini sudah menyebar ke seluruh nusantara sampai ke Aceh, bahkan Papua. Artinya, dari Sabang sampai Merauke Bugslock bisa ditemukan. Meski baru hanya di kota-kota tertentu.

Sistem pendistribusiannya dilakukan dengan mengandalkan para agen. Pencarian agen tidak dilakukan secara door to door. Calon agen datang sendiri atau menghubungi langsung distributor untuk menawarkan diri menjadi agen, setelah melihat iklan Bugslock di internet atau di media cetak.

“Agen kami sangat beragam. Tidak semua agen hanya khusus menjual Bugslock. Umumnya mereka menjadikan Bugslock sebagai usaha sampingan yang dijual bersama produk utama mereka,” jelas Veny.

Misalnya di daerah Jawa, ada toko hewan yang menjual Bugslock lantaran produk ini dinilai efektif dan aman untuk mengusir nyamuk di kandang hewan peliharaan yang dijualnya. “Daripada memakai obat nyamuk semprot, lebih baik menggantungkan Bugslock di kandang hewan peliharaan saya karena lebih aman dan tidak berpeluang meracuni si hewan,” urai Veny seraya menirukan perkataan sang pemilik toko.

“Bermula dari pengalaman tersebut, akhirnya sang pemilik toko memutuskan untuk ikut menjual Bugslock dan menawarkannya kepada para pelanggan yang mayoritas adalah penyayang hewan,” jelas Veny lagi.

Meskipun begitu, dia menjelaskan bahwa rata-rata 70 persen agen Bugslock sekarang merupakan apotek dan toko obat. Sisanya adalah toko ritel yang menjual produk di luar produk kesehatan. Namun untuk saat ini, perusahaan tengah concern pada pemasaran lewat apotek. Karena, jaringan distribusi tersebut dinilai lebih mengena untuk produk kesehatan semacam Bugslock.

“Saat ini kami juga sedang menunggu keputusan kerja sama dengan beberapa apotek besar, semisal Century dan Guardian. Kemungkinan besar di pertengahan tahun kerja sama sudah dapat terealisasi,” imbuh dia.

Tantangan ke depan buat Bugslock adalah soal edukasi. Diakuinya bahwa penerimaan pasar terhadap Bugslock sekarang agak berkurang. Terbukti, angka penjualan saat ini menurun dibanding dulu. Ketika awal masuk ke pasar, penjualan Bugslock bisa menembus angka 10 ribu gelang per bulan. Namun, sekarang hanya 2.500 gelang per bulan.

Menurut Veny, hal itu disebabkan banyak orang yang kurang menyukai aroma dari Bugslock yang mirip dengan obat gosok. Padahal, aroma ini tidak menjadi masalah di luar negeri.

Namun, kata Veny, aroma Bugslock lebih nice ketimbang obat gosok. Oleh karenanya, harus ada upaya edukasi agar konsumen bisa melihat lebih banyak dari sisi praktis, keamanan, dan manfaat produk ini, ketimbang memperhatikan dari sisi aroma yang dirasa kurang sedap. (Majalah MARKETING/Andri Darmawan)

13 Comments

13 Comments

  1. Andri Darmawan

    31 March, 2010 at 15:22

    Untuk Contact Person Bugslock anda bisa menghubungi :

    PT Aidac Niaga
    Jl. Jaksa 21-23 Kebon Sirih- Jakarta Pusat
    Phone: (021) 31925210/19

  2. Khanza

    12 April, 2010 at 14:36

    Bisa minta penawaran untuk reseller via email? (katalog dan Harga ). Tks

  3. Gugum

    8 May, 2010 at 19:18

    Minta Agen Bandung dong…Balas via Email, Thanks

  4. Iwan

    10 May, 2010 at 13:40

    Email bugslock@indoherbal.com gak salah nih pak Admin?

  5. chamdan

    2 November, 2010 at 11:54

    bisa kirim katalognya ke email saya? dan gmn cara-caranya untukmenjadi agen bugslock di surabaya.di tunggu ya. makasih

  6. chamdan

    2 November, 2010 at 12:01

    Siang
    Bisa kirim katalognya ke email saya? dan gmn cara-caranya dan syarat2 untuk
    menjadi agen bugslock di surabaya.di tunggu ya. makasih

  7. Prih Wisma

    21 June, 2011 at 14:11

    bisa minta harga reseller sama syaratnya dong

  8. deni setiawan

    20 September, 2011 at 10:14

    saya pernah coba,
    ngga ngaruh,
    tetep saja digigit nyamuk

    please dont waste your money for this thing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top