Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

Garap Pasar Lewat YouTube (1)

www.marketing.co.id – Sejak Desember 2011 lalu, radio Delta FM melakukan perubahan yang cukup mendasar, repositioning. Tujuan yang hendak dicapai tak tanggung-tanggung, yaitu menjadi market leader di kelasnya. Anggaran sekitar 7%–10% pun digelontorkan per tahun dalam rangka promosi dan aktivitas marketing.

Dalam menyikapi perubahan zaman yang dinamis dan ketatnya persaingan pasar, sikap tegas terkadang perlu dilakukan agar kelangsungan hidup sebuah perusahaan tetap terjaga. Hal yang sama berlaku di industri radio yang persaingannya relatif ketat. Salah satu sikap tegas yang dilakukan antara lain dengan melakukan brand repositioning, seperti dilakukan radio Delta FM. Kalau tahun lalu, Delta FM masih membidik segmen market usia 35–45 tahun, menyiarkan musik era 1980-an, serta SES-nya lebih mengarah ke high class (A-B+). Namun, sejak Desember 2011 lalu, Delta FM mengubah produknya (konten siaran) sesuai dengan segmen market yang dibidik sekarang, usia 30–39 tahun (bisa dibilang 10 tahun lebih muda), SES-nya melebar menjadi A-B-C+.

Perubahan juga dilakukan dalam hal tagline. Sebelumnya tagline Delta FM adalah “The Bright Side of Indonesia”, sekarang diganti menjadi “100% Lagu Enak”. Saat ini, radio Delta FM dengan frekuensi siaran 99.1 FM, menyiarkan lagu-lagu enak didengar (easy listening) di era 1980-an, 1990-an, hingga lagu masa kini, yang lembut dan tenang, dengan komposisi 50% lagu Barat dan 50% lagu Indonesia.

Junas Miradiarsyah, Integrated Promotion Manager Delta FM, mengungkapkan bahwa sejak adanya repositioning dan perubahan produk/konten siaran di Delta FM, tingkat penerimaan dari masyarakat lumayan tinggi. Ia memperkirakan, hingga 42% audience merespons positif langkah yang diambil Delta FM—bila dilihat dari respons masyarakat secara live pada saat siaran, serta respons dari media sosial.

Repositioning yang dilakukan Delta FM merupakan langkah strategis dalam menyikapi perubahan dan kondisi terkini di industri radio Tanah Air, khususnya di area Jabodetabek. Hal ini dilakukan Delta FM untuk menggarap pasar lebih luas lagi dan meningkatkan revenue yang berujung profit yang lebih besar lagi bagi perusahaan. “Semua ini akan bisa dicapai dengan menciptakan sebuah produk yang kuat yang tentunya akan mendapatkan number of listener yang lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Saat ini Delta FM ada di enam kota …… Bersambung…

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top