Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Garap Bisnis Pemesanan Ruang, AXI Luncurkan SpotQue

Kebutuhan akan pemesanan ruang meeting dan event saat ini terus tumbuh, dengan jumlah usaha kecil dan menengah (UKM) yang mencapai 60 juta unit di Indonesia, ditambah dengan tren bekerja dari telecommuter, freelancer dan kalangan pekerja digital nomad. Tak heran kebutuhan pemesanan ruangan yang mudah dan cepat bagi mereka sangatlah diperlukan saat ini. Menjawab kebutuhan tersebut, PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) memperkenalkan SpotQoe – platform online untuk pemesanan ruang meeting dan event. Ada lebih dari 2.500 ruangan di seluruh Indonesia yang bisa diakses melalui website dan aplikasi mobile SpotQue.

Halim Wahjana, Komisaris PT Astragraphia Xprins Indonesia mengatakan, “Transformasi digital merupakan bagian dari visi perusahaan untuk mengakselerasikan bisnis di era digital yang sangat dinamis. Kami ingin memberikan pelanggan kami added value yang terbaik. Kehadiran SpotQoe
menjadi pelengkap dan menjawab kebutuhan pasar atas pemesanan ruangan untuk meeting maupun event. Kami akan terus mendorong inovasi lain di dalam bisnis perusahaan.”

Belum lagi, tren industri MICE yang terus bertumbuh dan tren pelaku bisnis yang melakukan kerja secara remote didukung juga oleh penetrasi penggunaan internet dan mobile phone Indonesia yang terus meningkat. We are Social, menyebutkan setidaknya ada 132.7 juta orang melakukan aktivitas online. Faktor-faktor tersebut semakin mengukuhkan optimistis SpotQoe untuk bisa berkembang dan terus berinovasi.

Ditambahkan Hari Ananto, Head of SpotQoe, platform online SpotQue diluncurkan guna menjadi solusi atas tantangan bisnis. “Hasil market research kami menemukan ada empat isu utama dalam industri pemesanan ruangan secara online, baik dari penyedia ruangan maupun dari segi konsumen,”.

Misal, penyedia ruangan sudah semakin banyak namun penggunaan ruang masih
belum maksimal; prosedur pemesanan ruangan terbiasa dilakukan secara manual sehingga memakan waktu yang lama; maupun aset perusahaan yang dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan karyawannya untuk melaksanakan aktivitas bisnis seperti meeting dan event. Selain itu, berkembangnya tren mobile worker di era digital dimana karyawan perusahaan berkeinginan untuk dapat bekerja dari mana saja agar lebih produktif.

Bahkan berdasarkan riset Zug IWG (International Workspace group), Lembaga riset Swiss yang mensurvei 18.000 pelaku bisnis di 96 perusahaan di seluruh dunia menyebutkan bahwa secara global 70% pelaku bisnis melakukan pekerjaan mereka secara remote setidaknya satu minggu sekali dan 53% melakukannya separuh minggu.

“SpotQoe berkomitmen untuk menjadi penyedia solusi pemesanan bagi
para pemilik tempat dan pelaku bisnis agar semakin mudah berkolaborasi. Melalui platform kami, berbagai ruangan untuk kebutuhan event, meeting dan bahkan bekerja, bisa dipesan sesuai kebutuhan pelaku bisnis secara mudah dan cepat. Layanan kami juga memiliki customer service yang responsif serta harga yang lebih menarik dari corporate rate,” imbuh Hari.

Optimistis serupa juga ditunjukkan oleh pelaku bisnis, yang menjadi partner dari SpotQoe. Nita Janita Ekaniana, Regional Marketing & Communication Manager
Archipelago International mengatakan, “Kami yakin bahwa platform SpotQoe akan menjadi solusi bagi Archipelago International dalam mendapatkan pasar yang lebih luas. Bagi kami, bekerjasama dengan SpotQoe akan memberikan keuntungan dari segi strategi marketing serta promosi.”

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Maulana Yusran, Wakil Ketua Umum Organisasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Maulana berharap dengan kehadiran SpotQoe, PHRI memiliki ekspektasi yang tinggi dan semoga dengan kehadiran SpotQoe dapat memudahkan para pelaku bisnis yang membutuhkan ruangan baik untuk melakukan daily work ruang meeting atau function room dan restoran akan jauh lebih mudah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top