Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Merek perawatan gigi dan mulut terpercaya di Indonesia, Formula, merayakan ulang tahun ke-40 dengan mengusung kampanye “Aksi Formula Generasi Kuat Indonesia”. Bertempat di Universitas Jayabaya, Jakarta, acara ini menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) 2025 yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi.
Kolaborasi antara Formula, International College of Dentists (ICD), Yayasan Disabilitas, dan pemerintah daerah ini menekankan komitmen berkelanjutan Formula dalam menjaga kesehatan keluarga Indonesia lintas generasi.
Menurut data Riskesdas 2023, meskipun 72,5% penduduk Indonesia telah menyikat gigi dua kali sehari, lebih dari separuhnya (56,9%) masih mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut. Ironisnya, hanya 11,2% dari mereka yang pernah mendapat penanganan medis profesional. Angka-angka ini menjadi pendorong utama bagi Formula untuk terus menghadirkan solusi nyata melalui edukasi dan akses layanan kesehatan.
Jenifer Fransisca, Managing Director Formula menjelaskan, selama 40 tahun, Formula telah menjadi bagian dari perjalanan keluarga Indonesia. Dimana, kekuatan sebuah generasi dimulai dari keluarga yang sehat.
“Melalui ‘Aksi Formula Generasi Kuat Indonesia’, kami ingin mengajak masyarakat bersama-sama membangun kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai langkah kecil menuju masa depan bangsa yang lebih kuat,” ujar Jenifer.
Sebagai bagian dari kampanye ini, Formula memperkenalkan atlet sepak bola muda berbakat, Marselino Ferdinan, sebagai brand ambassador terbarunya. Marselino dinilai mencerminkan semangat juang dan dedikasi yang sejalan dengan misi Formula.
“Bagi saya, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting agar selalu fit di lapangan. Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi anak-anak Indonesia, termasuk teman-teman disabilitas, untuk lebih peduli menjaga kebersihan gigi dan berani mengejar mimpi,” kata Marselino.
Acara di Universitas Jayabaya dihadiri lebih dari 1.000 peserta, termasuk anak-anak, orang dewasa, dan teman-teman disabilitas. Berbagai aktivitas interaktif dan edukatif diselenggarakan, seperti sikat gigi bersama, penyuluhan dan pemeriksaan gigi gratis, hingga eksperimen sains edukatif bernama “Eggsperimen” yang membuktikan keunggulan teknologi Formula.
Formula juga memberikan perhatian khusus pada anak-anak disabilitas dengan memberikan medali penghargaan kepada para pendamping, mengapresiasi peran penting mereka dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Komitmen Formula tidak berhenti di Jakarta. Rangkaian aksi sosial ini akan dilanjutkan ke 40 titik wilayah di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua, dengan membagikan ribuan sikat gigi, pasta gigi, dan paket sembako gratis.
“Edukasi kesehatan gigi dan mulut harus dilakukan secara konsisten lintas generasi. Formula telah membuktikan komitmennya sebagai brand asli Indonesia yang tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga aksi nyata bagi masyarakat,” jelas drg. Zahrah Almira, dokter gigi sekaligus influencer yang turut memberikan edukasi.