Gandeng Everbright, Jababeka Tandatangani Proyek Integrated Waste Treatment For Industrial & Municipal Waste

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Properti | Upaya PT Jababeka Tbk yang berkomitmen penuh untuk membantu mewujudkan visi Indonesia dalam mencapai net zero emissions pada 2060 atau lebih cepat. Salah satu upaya yang dilakukan Jababeka adalah menggandeng Everbright untuk proyek Integrated Waste Treatment For Industrial & Municipal Waste sebagai salah satu bentuk komitmen Jababeka dalam program sustainability.

Kasubdit Dukungan Sumber Daya Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wawan Gunawan – mewakili Menteri KLHK Siti Nurbaya mengatakan, komitmen untuk mewujudkan Net Zero Industrial Cluster ini bermanfaat, tidak hanya menciptakan energi bersih di suatu kawasan, tetapi juga bisa menjadi contoh bagi perusahan-perusahan atau kawasan industri lain.

“Komitmen untuk mewujudkan kawasan industri yang berkelanjutan ini tidak bisa berjalan tanpa adanya kerjasama dengan seluruh pihak. Komitmen ini merupakan tanggung jawab bersama, untuk itu kita harus bersama-sama mendukung dan terus mengawal langkah-langkah perwujudan Net Zero Industrial Cluster yang diinisiasi oleh PT Jababeka ini,” papar dia.

Cynthia Hendrayani, COO PT Jababeka Infrastruktur mengatakan, sejatinya Jababeka menargetkan pengurangan jejak karbon secara keseluruhan dapat tercapai pada tahun 2050. Dengan adanya JC-NZICC menjadi salah satu strategi yang diterapkan untuk mendukung upaya tersebut.

“Di wilayah Jababeka sendiri terdapat kurang lebih 1.800 tenant, yang terdiri dari tenant internasional maupun domestik, baik skala besar, menengah, maupun kecil. Selanjutnya, dari para tenant yang sudah bergabung dengan JC-NZICC secara cluster akan memberikan edukasi ke tenant lainnya sehingga dapat mendorong tujuan untuk pengurangan jejak karbon,” ujar dia.

Cynthia menambahkan, Jababeka sendiri menargetkan menggandeng 100 tenant pada tahun mendatang. Sedangkan untuk upaya-upaya yang dilakukan dalam pengurangan jejak karbon, diserahkan kepada masing-masing tenant. Ini mengacu pada kecepatan masing-masing kecepatan tenant tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya, salah satu aksi nyata yang dilakukan Jababeka adalah mendeklarasikan ambition statement bersama tiga tenant-nya dengan target karbon netral pada 2050, dan Kawasan Industri Jababeka-Cikarang bergabung dalam jaringan World Economic Forum (WEF) sebagai The First Net Zero Industrial Cluster in South East Asia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here