Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Galang Dana Penanganan Pandemi, Tokopedia Kumpulkan Rp33 Miliar dari Penggunanya

Marketing.co.id – Berita Digital | Dibuka Maret 2020 lalu, aksi galang dana yang dilakukan Tokopedia untuk mengatasi pandemi Covid-19 berhasilkan mengumpulkan donasi lebih dari Rp33 miliar dari penggunanya.

Penggalangan ini dilakukan melalui ekosistem Tokopedia Salam, bersama sejumlah mitra strategis terus fokus membantu pemerintah menangani pandemi melalui tiga inisiatif besar, yaitu Lawan Covid-19, Redam Covid-19 dan Pulih dari Covid-19.

“Ketiga inisiatif ini mengajak masyarakat berdonasi secara digital untuk membantu penanganan pandemi dari berbagai sisi. Donasi yang telah terkumpul disalurkan ke seluruh Indonesia melalui lembaga sosial terhubung,” beber Garri Juanda Head of Tokopedia Salam.

Donasi yang terkumpul disalurkan dalam bentuk : Pengadaan Alat Pelindung Diri (APD). Tokopedia bekerja sama dengan BenihBaik.com, PKPU Human Initiative dan WeCare.id menyalurkan donasi dari pengguna Tokopedia dalam bentuk APD, multivitamin dan sembako bagi tenaga medis kepada 268 rumah sakit rujukan COVID-19 dan 47 puskesmas di 32 provinsi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Tokopedia Salam Permudah Masyarakat Berkurban di Tengah Pandemi

Ventilator. Tokopedia juga bersinergi dengan Rumah Zakat dalam menyalurkan donasi untuk pengadaan 54 unit ventilator bagi pasien di rumah sakit rujukan di Medan, Pontianak, Bandung, Solo, Surabaya dan Jakarta. Tokopedia juga menggandeng ITB dan UI sebagai mitra pengadaan ventilator.

Rapid Test Gratis di Sarana Publik. Kolaborasi bersama Rumah Zakat kembali dilakukan untuk penyaluran donasi berupa rapid test gratis di 12 kota. Hingga saat ini, ada sebanyak 1.770 penerima manfaat yang telah mendapatkan rapid test gratis di sarana publik.

Sementara itu, kolaborasi bersama Dompet Dhuafa juga dilakukan demi menyalurkan donasi pengguna Tokopedia untuk pengadaan CTM (COVID Test Mobile) di 17 provinsi zona merah dari Aceh hingga Papua. Melalui program ini, tercatat ada 3.225 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Bantuan Disinfektan untuk Masjid. Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus, Tokopedia bersama Dompet Dhuafa dan NU CARE-LAZISNU menyemprotkan disinfektan untuk 528 masjid yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Baca juga: Bongkar Inovasi Teknologi Tokopedia dalam “START Summit Extension”

THR dan Sembako. Tokopedia menggandeng Rumah Zakat membagikan 3.821 paket sembako bagi masyarakat, termasuk pedagang kecil yang terdampak pandemi, di 85 kota di Indonesia.

Pada Ramadan lalu, pengguna Tokopedia telah berdonasi hampir Rp2 miliar melalui program berbagi THR dan sembako di Tokopedia Salam. Dengan kolaborasi bersama para mitra strategis lainnya, Tokopedia menyalurkan sembako, THR bahkan pelunasan hutang keluarga kaum dhuafa dan masyarakat kurang mampu di berbagai desa di Indonesia.

Donasi Hadapi PSBB Jilid II

Dalam periode PSBB kedua DKI Jakarta ini, Tokopedia kembali bekerja sama dengan BenihBaik.com, Rumah Zakat dan WeCare.id untuk membuka dua kanal donasi dan mengajak masyarakat untuk membantu pengadaan APD dan multivitamin bagi tenaga medis.

Menurut Garri masyarakat dapat berpartisipasi dalam membantu tenaga kesehatan, termasuk dokter dan layanan medis lainnya, dalam penanganan COVID-19, dengan berdonasi mulai dari Rp5.000 saat berbelanja atau dengan mengetik ‘Donasi’ pada kotak pencarian aplikasi dan situs Tokopedia.

“Tokopedia selalu percaya bahwa kolaborasi bersama para mitra strategis, termasuk pengguna, melalui pemanfaatan teknologi adalah salah satu kunci menghadapi pandemi. Semoga donasi yang terkumpul dari masyarakat dapat membantu mereka yang terdampak sekaligus menginspirasi lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan dengan sesama,” tutup Garri.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top