Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439H yang tinggal dalam beberapa hari lagi, PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia makin gencar melalukan promosi dibandingkan bulan-bulan biasa. Dengan target peningkatan 50 persen volume kiriman barang, TIKI menawarkan berbagai promosi diskon serta gratis ongkos kirim bekerjasama dengan berbagai e-commerce. Selain itu TIKI juga akan membuka 50 gerai 24 jam di seluruh Indonesia dimana 12 gerai diantaranya ada di Jakarta. Selama bulan Ramadhan diketahui bahwa transaksi terbesar ada di Jabodetabek, Surabaya dan Medan. Peningkatan volume pengiriman membuat TIKI harus menyiapkan “amunisi” dengan baik, mulai dari pemetaan alokasi kurir yang difokuskan pada gerai-gerai yang rama pelanggan, pemetaan jalan untuk antisipasi kemacetan, kesiapan customer service dan sistem teknologi TIKI. Berikut liputan persiapan TIKI:
Tomy Sofhian, Managing Director TIKI (kiri) saat berinteraksi dengan pelanggan TIKI yang hendak mengirim barang ke luar kota. Selama bulan Ramadhan, TIKI mengalami peningkatan pengiriman sebanyak 50% dari bulan biasa. Peningkatan pengiriman biasanya terjadi pada tiga (3) minggu sebelum sampai satu (1) minggu sebelum hari Lebaran. Foto: Majalah MARKETING/Lialily
Dengan adanya drive thru, memudahkan konsumen mengirimkan paket tanpa harus turun dari kendaraan. Selain itu TIKI juga terus menggencarkan promo-promo selama lebaran untuk menarik lebih banyak konsumen mengirim barang ke luar kota kepada handai taulan di luar kota. Foto: Majalah MARKETING/Lialily
Selain mobil, tersedia pula layanan untuk pengendara motor mengirimkan barang melalui gerai TIKI Drive Thru. TIKI memanjakan pelanggan loyal dengan mengikuti undian melalui program TOOZ yang diadakan oleh TIKI dengan berbagai hadiah mulai dari Mitsubishi Xpander sebagai hadiah utama, Motor, Handphone dan voucher belanja. Foto: Majalah MARKETING/Lialily
JEMPOL (Jemput Online) dari TIKI dimana konsumen cukup menunggu di rumah dan kurir TIKI akan mengambil barang kiriman langsung ke lokasi. Aplikasi yang diluncurkan kembali pada Desember 2017 lalu tersebut, banyak mendapat animo positif dari konsumen. Selain dengan JEMPOL, TIKI juga telah membuka gerai 24 jam dan layanan drive-thru di kota-kota besar untuk memudahkan konsumen.Foto: Majalah MARKETING/Lialiy