For You Beauty Fair dan Tokopedia Hadirkan Brand Lokal di Bazar

[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Foto: dok. Tokopedia

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Kampanye online dan offline For You Beauty Fair menghadirkan puluhan pelaku usaha. Banyak brand lokal dari industri kecantikan, kesehatan, dan perawatan tubuh. Seperti Facetology, Somethinc, Crusita, H&H Skincare, NPURE, True to Skin, Iswhite, ESQA Cosmetics, Emina Cosmetics, Guèle Cosmetics, Noera by Reisha, Madame Gie Cosmetics, Kahf dan masih banyak lagi.

Data Kemenko Perekonomian RI periode 2018-2022 menunjukkan bahwa produk personal care dan kosmetik menjadi top 3 penjualan di marketplace. Dengan nilai transaksi mencapai Rp13.287,4 triliun dan volume transaksi 145,44 juta, yang turut didukung perkembangan e-commerce di Indonesia.

Melihat perkembangan industri kosmetik Indonesia yang semakin berkembang, serta komposisi 95% pelaku usaha kosmetik lokal merupakan Industri Kecil dan Menengah. Tercatat mampu menyerap tenaga kerja sekitar 59.886 orang pada tahun 2022, mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia untuk terus berupaya mendukung pemerintah. Dengan memberikan panggung seluas-luasnya kepada pelaku usaha, termasuk di kategori Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, agar bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Campaign For You Beauty Fair

“Demi mendukung perkembangan pelaku usaha kategori produk Kecantikan, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar ‘For You Beauty Fair’. Kampanye ini berlangsung secara offline pada 6-8 September 2024 di Laguna Atrium Central Park Mall. Serta, online pada 2-8 September 2024 di aplikasi Tokopedia dan ShopTokopedia pada aplikasi TikTok.” jelas Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz.

“Dari deretan pelaku usaha yang berpartisipasi dalam kampanye online dan offline For You Beauty Fair yang digelar oleh Tokopedia dan ShopTokopedia. Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan, kesehatan dan perawatan tubuh. Seperti foundation, cushion, facial wash, lipstick, serum, toner, multivitamin, dan masih banyak lagi,” tambah Rizky.

Selain itu, ada berbagai aktivitas yang dapat diikuti pengunjung pada kegiatan offline For You Beauty Fair. Seperti hair styling demo, beauty talk show, make up class, live streaming di booth ShopTokopedia. Serta keseruan lainnya yang melibatkan banyak influencer serta kreator konten favorit masyarakat.

Selama acara berlangsung, masyarakat juga bisa memanfaatkan berbagai promo. Banyak flash sale hingga 90%, diskon besar-besaran serta beragam hadiah menarik bagi Top Spender dan games seperti Spin The Wheel.

Selain ‘For You Beauty Fair’, Tokopedia dan ShopTokopedia Dorong Pertumbuhan UMKM Industri Kecantikan dan Perawatan Tubuh.

Ada pula kampanye Beli Lokal yang mengusung brand lokal dari berbagai kategori agar menjadi pilihan utama masyarakat. “Kampanye Beli Lokal terbukti membantu mendongkrak penjualan. Contohnya, kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh mengalami kenaikan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat,” jelas Rizky.

Sedangkan di ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, tercatat deretan produk yang paling diburu masyarakat. Misalnya, dalam kategori Kecantikan, produk-produk terlaris adalah moisturizer, masker wajah, lipstick dan lipgloss, sunscreen, dan parfum.

“Agar belanja harian masyarakat semakin hemat, Tokopedia dan ShopTokopedia mengadakan Promo Guncang 9.9 dan Flash Sale Rp9.000 yang berlangsung setiap hari sampai tanggal 9 September 2024, Bebas Ongkir. Ada pun berbagai promo menarik lainnya, termasuk diskon 99% untuk pembayaran tagihan,” ujar Rizky.

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh selama Kuartal II 2024

Melalui berbagai inisiatif yang dilakukan, Tokopedia dan ShopTokopedia mendorong pertumbuhan penjualan para pelaku usaha di berbagai daerah di Indonesia. Serta turut berkontribusi pada tren belanja online masyarakat sekaligus perekonomian tanah air.

“Di Tokopedia, beberapa produk yang terlaris selama kuartal II 2024 adalah krim wajah, toner, cleanser, serum wajah hingga sunscreen. Sedangkan di ShopTokopedia, serum, moisturizer, masker, lipstick dan paket skincare adalah beberapa produk yang paling diburu masyarakat,” tutur Rizky.

Di sisi lain, Tokopedia mencatat sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh. Sepanjang kuartal II 2024 dibandingkan kuartal II 2023, antara lain Lampung, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I. Yogyakarta, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat.

“Sementara di ShopTokopedia selama kuartal II 2024, sejumlah wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh. Seperti Sumatra Selatan, Lampung Jawa Timur, Bali hingga Nusa Tenggara Barat dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat,” tutup Rizky.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here