Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Fobia Ketinggian? Jangan Tonton Iklan Ekstrim Ini!

thenorthface3

Iklan bagi sebuah merek bukan semata memaparkan produknya kepada khalayak, yang lebih penting lagi adalah untuk membangun awareness dan image. Mengapa awareness dan image? Karena faktanya tak semua konsumen membeli produk atau layanan berdasarkan kebutuhan, tetapi banyak pula yang melakukannya karena keinginan atau ikatan emosional.

Banyak merek yang membuat iklan yang ekstrim untuk membentuk cool factor dalam rangka membangun awareness dan image di kalangan target konsumennya. Biasanya hal tersebut dilakukan oleh merek yang menargetkan konsumen orang muda atau setidaknya usia produktif, misalnya saja merek Red Bull dengan iklan ekstrim Motocross-nya.

Kali ini giliran The North Face, merek pakaian outdoor dan camping, yang ingin membangun cool factor di mata audiens dengan membuat iklan ekstrim: Panjat tebing solo tanpa tali. Tim The North Face baru-baru ini mengikuti dan merekam kegiatan menegangkan pemanjat tebing bebas terkenal,  Alex Honnold, di mana ia memanjat tebing El Sendero Luminoso, Meksiko.

Honnold memanjat tebing yang ketinggiannya mencapai kurang lebih 457 meter tersebut tanpa tali pengaman. Bagi audiens yang takut akan ketinggian, iklan berdurasi enam menit ini sangat mengerikan. Tapi, harus diakui iklan ini menggoda untuk ditonton dan memang menegangkan.

Bagi Hannold mendapat sponsor dari merek ternama seperti The North Face untuk memenuhi ambisinya adalah sebuah peluang, sekaligus berisiko besar. Seandainya satu gerakan saja salah dan berakibat fatal, tak hanya nyawanya yang dipertaruhkan tetapi juga ‘nyawa’ sponsornya.

The North Face tentu menyadari hal ini, tapi cara ekstrim seperti ini adalah peluang yang dianggapnya sepadan untuk mereknya. Dan selamatnya Hannold melewati tantangan mematikan tersebut adalah hal yang patut mereka syukuri dan rayakan.

Ini bukan iklan ekstrim The North Face yang pertama. Pada 2011, perusahaan ini ikut dan merekam sebuah ekspedisi dengan sekelompk pemain ski bebas untuk menaklukkan Denali, puncak gunung tertinggi di Amerika Utara.

Sumber: Berbagai sumber

https://www.youtube.com/watch?v=Phl82D57P58

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top