Riset E-commerce Semester 1 2024: FMCG Tumbuh 16,4%, Sunscreen dan Paket Kecantikan Jadi Jenis Produk Paling Seksi
Marketing.co.id – Berita Marketing | Nilai penjualan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di eCommerce secara konsisten terus berkembang setiap tahunnya. Menurut data Compas.co.id pada periode 1 Januari 2023 – 30 Juni 2024, nilai penjualan di Shopee dan Tokopedia mengalami pertumbuhan sebesar 16,4% pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2024, naik ke angka Rp36,7 triliun dari sebelumnya Rp 31,5 triliun.
Pertumbuhan ini didorong oleh kategori perawatan & kecantikan konsisten terus berkembang di 3 semester terakhir. Pada Semester I 2023, nilai penjualan kategori perawatan & kecantikan berada di angka Rp12,8 triliun, melonjak di semester II ke angka Rp16,7 triliun dan pada semester I 2024 kembali meningkat ke Rp18,1 triliun.
Nilai tersebut memposisikan kategori perawatan & kecantikan sebagai kategori yang paling diminati di FMCG, atau berkontribusi sebesar 51,1% dari nilai penjualan FMCG, kemudian diikuti oleh kategori makanan & minuman Rp8,3 triliun atau 23,4%, kategori kesehatan Rp5,5 triliun atau 15,5% dan kategori ibu & bayi dengan nilai penjualan Rp3,5 triliun atau 10%.
Co-founder & CEO Compas.co.id Hanindia Narendrata mengatkan bahwa pada semester I 2024, kategori produk sunscreen mengalami pertumbuhan yang paling pesat dibanding yang lainnya. Nilai penjualannya melesat dari Rp530 miliar di semester II 2023 ke angka Rp914 miliar di semester I 2024 atau meningkat sebesar 72,27%.
Menurut Narendrata, peningkatan ini pada awalnya disebabkan oleh ramainya berita Heatwave pada periode September & Oktober 2023. Kemudian, secara bertahap influencer maupun dokter kecantikan mengedukasi pentingnya penggunaan sunscreen, sehingga peningkatan tersebut berlanjut di 2024.
Tidak kalah seksi, Narendrata juga menjelaskan bahwa paket kecantikan menjadi kategori produk yang memiliki nilai penjualan paling besar di kategori perawatan & kecantikan. Pada semester I 2024, nilai penjualan paket kecantikan naik ke angka Rp1,8 triliun atau hampir 10% dari total nilai penjualan di FMCG. Adapun peningkatan nilai penjualannya juga tergolong besar, sebanyak 40,32% dari nilai penjualan sebelumnya Rp1,3 triliun di Semester II 2023
“Kami coba teliti lebih dalam, dari Rp1,8 triliun total nilai penjualan paket kecantikan, Rp1,5 triliunnya merupakan paket kecantikan jenis brightening, atau mencapai 83,3%. Bisa dikatakan hampir seluruh konsumen yang berbelanja paket kecantikan, memiliki preferensi produk pencerah kulit. Melihat peningkatan nilai penjualan sunscreen dan paket kecantikan jenis pencerah kulit, sepertinya pasar kecantikan di Indonesia memiliki concern untuk menjaga dan mencerahkan warna kulitnya,” pungkas Narendrata.