Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Festival Kuliner #PejuangLokal Blibli Pecahkan Rekor MURI

Andreas A. Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli.com

Marketing.co.id – Berita UMKM | Festival Jajanan Lokal Blibli pada rangkaian perayaan kemerdekaan bertajuk #PejuangLokal memecahkan rekor Festival Kuliner Daring dengan UMKM Terbanyak, yang diberikan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Rekor ini berhasil dipecahkan Blibli dengan melibatkan 3.190 seller UMKM dan menyediakan lebih dari 57.000 produk kuliner termasuk jajanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Andreas A. Pramaditya, Vice President Galeri Indonesia Blibli mengatakan, penghargaan MURI ini dipersembahkan bagi seluruh pelaku dan pegiat UMKM yang telah menjadi #PejuangLokal. Mereka adalah pejuang ekonomi nasional di era industri 4.0 yang telah gigih mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi digital agar tetap produktif meskipun banyak keterbatasan yang ditetapkan di saat pandemi.

Berdasarkan data riset Blibli bersama Litbang Kompas dan Boston Consulting Group (BCG) tentang perkembangan UMKM di Indonesia, pelaku UMKM yang sudah go online bisa menghasilkan pendapatan 1,1 kali lebih tinggi dan meningkatkan potensi sebesar 2,1 kali lipat untuk menjangkau pasar di seluruh Indonesia, dibandingkan yang UMKM offline.

Festival Jajanan Lokal yang digelar Blibli pun memungkinkan pelanggan untuk mengakses beragam kuliner nusantara sekaligus menumbuhkan kebanggaan terhadap produk Indonesia. Dengan cara ini, Blibli mengajak semua untuk jadi #PejuangLokal kuliner, “Dengan seruan ayo angkat handphone-mu untuk belanja produk lokal dari aplikasi e-commerce yang ada di smartphone, pelanggan bisa dukung kuliner lokal dari rumah,” ujar Andreas.

Dalam program Festival Jajanan Lokal ini, Blibli juga berkolaborasi dengan Tirta Lie, food blogger kuliner Indonesia, untuk menghadirkan kurasi 130 menu jajanan lokal. Festival kuliner daring ini tidak hanya menyajikan kuliner lokal dalam bentuk menu restoran, tapi juga termasuk camilan, kue basah, frozen food, hingga aneka minuman.

Ragam kuliner ini berhasil mendorong minat masyarakat sebagai #PejuangLokal untuk menikmati sekaligus mendukung transaksi produk kuliner lokal di Blibli. Ditegaskan oleh data yang tercatat bahwa, Festival Jajanan Lokal berhasil menggaet lebih dari 3.000 seller UMKM, terbanyak dari semua festival sebelumnya.

Lebih lanjut, kegiatan ini juga menambah deretan festival kuliner daring yang pernah diselenggarakan Blibli sebelumnya, seperti Festival Mie Online, Festival Nasi Online, Festival Kuliner Imlek, dan berbagai festival lainnya.

“Harapannya, pencapaian rekor MURI bisa menjadi semangat dan motivasi bagi Blibli untuk menjadi mitra strategis dengan stakeholder terkait UMKM Indonesia goes digital agar usahanya berkembang di platform kami menggunakan ekosistem teknologi serta bisnis menyeluruh yang pada akhirnya memutar roda ekonomi nasional,” tutup Andreas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top