Portal Lengkap Dunia Marketing

OTOMOTIF

Fastron, Jawaranya Pelumas Roda Empat

Marketing – Era digital yang terbuka membuat konsumen semakin cerdas dalam memilih dan membeli kebutuhannya, termasuk pembelian pelumas sintetik yang semakin kompleks sebagai upaya melindungi mesin kendaraan kesayangannya.

Secara umum pemilik kendaraan roda empat mencari pelumas yang dapat mencegah keausan pada permukaan bagian-bagian mesin,  memiliki fungsi sebagai penghantar panas, mencegah timbulnya karat atau korosif, membersihkan kotoran yang menempel pada bagian mesin, serta mampu menutupi celah pada dinding mesin.

Tak hanya itu. pemilihan pelumas juga dipengaruhi pula oleh tren perkembangan otomotif secara keseluruhan dan gaya hidup ramah lingkungan.

Kini masyarakat lebih mencari pelumas yang memiliki peran penting dalam menjaga kinerja mesin kendaraan agar tetap handal sehingga tidak menghasilkan gas buang yang bisa mencemari udara.

Menjawab kebutuhan akan pelumas mesin berkualitas tinggi dengan spesifikasi yang cocok dengan mesin-mesin kendaraan generasi baru. PT Pertamina Lubricants telah menghadirkan Pertamina Fastron untuk melindungi mesin, sekaligus memberikan performa dan akselerasi yang optimal.

Pelumas sintetik karya anak bangsa ini memiliki NanoGuard Technology yang dapat melindungi bagian tersempit dari mesin dan berukuran lebih kecil dari molekul, sehingga dapat membuat mesin kendaraan terasa selalu baru dan mampu menghemat bahan bakar.

Selain berteknologi canggih, Pertamina Fastron pun telah berstandar SNI dan berstandar internasional. Bahkan konsistensinya telah diakui berbagai pabrikan mobil dunia dan menjadi merek produk pelumas top of mind di Indonesia.

Terbukti dengan keberhasilan Fastron meraih Top Brand Award di Kategori 4 Wheel Engine Lubricants yang diberikan oleh Majalah MARKETING berdasarkan hasil riset dari Frontier Group.

Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Andria Nusa, menyebutkan, keberhasilan meraih Top Brand Award merupakan bentuk kepercayaan konsumen menggunakan produk Fastron sebagai pelumas kendaraannya. “Penghargaan menjadikan kami lebih termotivasi untuk meningkatkan kualitas Fastron,” ujarnya.

Berdasarkan survei merek yang dilakukan Frontier  Group, terungkap Top Brand Index (TBI) yang diperoleh Fastron dalam 2 tahun ini mengalami tren peningkatan.

Faktanya, TBI Fastron pada tahun 2019 sebesar 10,6% dan naik tipis di tahun 2020 dengan nilai indeks 10,7%. Angka tersebut membuat Fastron menjadi salah satu merek pelumas paling top, termasuk mengungguli merek legendaris besutan Pertamina Lubricants, yakni Mesran dan Prima XP.

Sukses menjadi merek pelumas buruan utama konsumen, sejatinya tidak terlepas dari strategi inovasi Pertamina Lubricants yang senantiasa menghadirkan produk-produk inovatif yang memberikan nilai lebih bagi konsumen.

Sejak pertama diperkenalkan tahun 2003, varian Fastron untuk kendaraan roda empat semakin berkembang, meliputi Fastron Platinum, Fastron Gold, Fastron Techno, dan Fastron Diesel dengan SAE yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pelumas dari berbagai tipe kendaraan.

“Produk Pertamina Fastron diharapkan tetap menjadi kebanggaan Indonesia dan  bisa membawa nama Indonesia di pasar global. Kami akan terus berinovasi, mengikuti tren teknologi serta tren otomotif terkini untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” imbuh Andria.

Komitmen Pertamina Lubricants untuk memenuhi setiap kebutuhan otomotif dan gaya hidup masyarakat Indonesia terus diwujudkan. Konkretnya anak usaha PT Pertamina (Persero) tersebut menghadirkan  “Pertamina Fastron Eco Green” pada akhir tahun lalu. Pelumas khusus diformulasikan untuk kendaraan Low Cost Green Car (LCGC).

Ageng Giriyono, Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, menjelaskan, Fastron Eco Green telah disesuaikan dengan kebutuhan mobil LCGC terbaru. Bahkan pelumas sintetik Fastron terbaru ini dapat digunakan untuk mesin mobil LCGC yang dilengkapi turbo (non-direct injection) guna mendukung pengurangan emisi gas buang.

“Dengan Fastron Eco Green, konsumen bisa merasakan berbagai keunggulan yang lebih. Lebih irit, lebih lancar, lebih awet, lebih bersih, berternaga, responsive dan pastinya lebih melindungi,” sebut Ageng.

Fastron Eco Green diformulasikan dengan menggunakan aditif yang lebih unggul dalam menjaga kestabilan kekentalan sehingga lebih baik dalam melindungi mesin. Formulasi baru yang dikembangkan untuk Fastron Eco Green pun lebih unggul dalam mencegah terjadinya deposit sisa pembakaran di dalam mesin.

Saat ini Pertamina Lubricants sudah memiliki 167 produk yang dijual untuk pasar ritel otomotif dan industri baik secara domestik dan luar negeri, salah satunya adalah produk Fastron series, sedangkan varian Fastron Eco Green merupakan varian ke-1.382 secara keseluruhan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top