Faspay Siap Dukung Bisnis Online di Indonesia

Faspay Billing adalah sebuah fasilitas e-invoicing yang memberikan para penggiat bisnis online efisiensi dan kemudahan bertransaksi dengan para pelanggannya.

Faspay Billing solusi bagi bisnis online dan startup di indonesiaTahun 2015, sekitar 93,5 juta penduduk indonesia merupakan pengguna internet. Angka tersebut diprediksi akan mencapai lebih dari 102 juta pada 2016.

Lebih dari setengahnya berusia kurang dari 30 tahun. Hal itu membuat ranah digital dan media sosial menjadi lebih semarak dan menjadikan Indonesia lahan subur bagi tumbuh kembangnya e-commerce.

Adaptasi digital tinggi ini telah membawa perubahan dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, dari cara berkomunikasi, interaksi melalui jejaring sosial, perbankan hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Tantangan-tantangan belanja online seperti keamanan bertransaksi, metode pembayaran, kepercayaan konsumen terhadap penjual dan masalah pengiriman/ekspedisi terus diperbaiki dan ditingkatkan secara berkesinambungan.

Hasilnya sangat menggembirakan, dari sekitar 4,3 juta orang yang terbiasa berbelanja secara daring di tahun 2013, saat ini jumlahnya telah mencapai 7,4 juta orang. Baca: Tahun 2016, Pelaku Bisnis Online Melonjak

Sebenarnya, e-commerce dan transaksi jual beli online tidak selalu dilakukan melalui portal-portal besar. Pelaku e-commerce independen juga semakin sering kita jumpai di media sosial dengan menggunakan Facebook atau Instagram.

Melalui medium tersebut, beragam jenis kebutuhan seperti pakaian, aksesoris, gawai (gadget), kosmetik dan buku ramai ditransaksikan.

Sejalan dengan hal tersebut dan untuk mendukung pengembangan usaha rintis (start-up) di Indonesia, Faspay – perusahaan teknologi digital penyedia jasa layanan mobile banking platform dan payment gateway – dan Bank Permata menggelar diskusi interaktif bertema “Trend E-Commerce 2016 bagi Entrepreneur” di Coffee Bean – fX Sudirman beberapa waktu lalu.

Hadir dalam acara tersebut Indra Gunawan, Head e-channel PermataBank, Hioe Fui Kian, Direktur Faspay dan Daniel Tumiwa, CEO OLX Indonesia.

Hioe Fui Kian – Direktur Faspay mengungkapkan, entrepreneur independen (atau UKM) yang memulai bisnis online bermodalkan media sosial seperti Instagram jumlahnya akan meningkat signifikan di tahun 2016.

Para entrepreneur atau penjual independen tersebut akan membutuhkan solusi pembayaran untuk mengembangkan bisnis online mereka. ”Saya yakin para entrepreneur independen ini, dibantu fasilitas digital, bisa berkembang hingga pasar internasional,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut diluncurkan Faspay Billing sebagai sebuah fasilitas e-invoicing yang memberikan para seller independen efisiensi dan kemudahan bertransaksi dengan para pelanggannya.

Menurutnya, Faspay Billing diciptakan untuk menghemat waktu dan biaya para entrepreneur, baik yang berbadan hukum maupun independen, sehingga mereka dapat memfokuskan waktu, biaya dan tenaga untuk mengembangkan bisnis.

Faspay Billing bekerja sama dengan Bank Permata, menyediakan fasilitas Permata Net dan Virtual Account yang akan didapatkan oleh para user secara langsung/otomatis pada saat bergabung.

Sementara itu, Indra Gunawan, Head e-channel PermataBank mengatakan bahwa PermataBank memiliki tradisi dan kepeloporan dalam mengembangkan IT guna memberikan solusi finansial yang inovatif.

Beragam kanal elektronik yang dimiliki Permata dengan layanan virtual account-nya (VA) terbukti dapat memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi nasabah dan masyarakat dalam bertransaksi e-dagang.

Hal ini tercermin dari pertumbuhan yang pesat pengguna VA sebesar 76% sepanjang periode Januari hingga September 2015.  

”Ke depan bisnis online dan e-commerce ini masih memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang. Apa yang kami sinergikan ini diharapkan dapat menjadi terobosan bagi usaha-usaha rintis (starup) dan independen di Indonesia yang saat ini sedang giat-giatnya di dorong oleh Pemerintah. Dengan demikian semangat berwirausaha ini turut terbentuk sejak dini di kalangan anak-anak muda Indonesia ini”, tegas Indra.

Hingga saat ini portal-portal terkemuka seperti Bhinneka, Sophie Paris, Groupon dan Gramedia memilih jasa payment gateway Faspay untuk memudahkan dan memproses transaksi jual-belinya. Faspay telah mendedikasikan inovasi solusi pembayaran untuk mendukung e-commerce di Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.