Fasilitasi Pelatihan Pekerja Pariwisata, Diageo & BRITCHAM Gelar Program “Learning for Life”

0
Diageo Indonesia
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.idBerita Lifestyle I Diageo Indonesia dan Kamar Dagang Britania Raya Indonesia (BRITCHAM Indonesia) memulai kerjasama pelaksanaan program Learning for Life di Indonesia. Program yang akan berlangsung di Jakarta dan sekitarnya pada Februari – Mei 2022, Diageo mendukung para pekerja di berbagai negara dalam mengasah keterampilan dan meningkatkan kesempatan kerja.
Diageo Indonesia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, “Setiap negara di dunia telah menderita dan akan bersaing ketat untuk mendapatkan kembali pangsa pasar pariwisata global. Kita harus bisa bersaing dan menjadi lebih baik termasuk dari segi kreativitas dan keunggulan.”
Adapun target program Learning for Life ini adalah orang dewasa muda yang telah diberhentikan dari industri pelayanan dan perhotelan. Kedua, mengetahui tujuan dari program ini yaitu meningkatkan standar pelayanan dan keterampilan. Dan ketiga, program ini memberikan pemahaman kritis yang lebih baik tentang bagaimana bisnis pelayanan dan perhotelan bekerja.
Untuk itu, Sandiaga menambahkan, kemitraan antara Diageo dan British Chamber dinilai sangat penting bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Learning for Life, program peningkatan keterampilan belajar yang dilaksanakan oleh merek Inggris, merupakan hal yang tepat karena akan menarik perhatian publik Inggris.
Fokus Learning for Life dalam memberi pelatihan kepada tenaga kerja di bidang pariwisata dan hospitality sejalan dengan rencana besar Diageo. Pada tahun 2030 Diageo menargetkan dapat membantu 1,5 juta orang yang bekerja di industri pariwisata dan pelayanan (hospitality) di seluruh dunia. Hingga 2021, Diageo telah menjalankan program Learning for Life dan melakukan berbagai inisiatif pelatihan ketrampilan bagi lebih dari 200.000 pekerja di seluruh dunia.
Direktur Corporate Relation Diageo Indonesia Dendy A. Borman mengungkapkan, Diageo terus berkontribusi aktif pada industri dimana kami berbisnis, yakni pariwisata dan pelayanan. Di tengah pandemi yang dihadapi oleh semua bangsa di dunia, Diageo ingin memberikan bekal hidup yang bermanfaat bagi para pekerja di sektor ini. Pelatihan Learning for Life akan memfokuskan pada ketrampilan-ketrampilan yang dapat digunakan oleh anak muda.
Executive Director BRITCHAM Indonesia Chris Wren menambahkan, “Kami sangat menghargai semangat Diageo yang membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pekerja Indonesia dalam mengelola industri pariwisata dan pelayanan. Diageo bermitra dengan BRITCHAM untuk memfasilitasi pelatihan dan menyampaikan praktik-praktif terbaik tentang ketrampilan dasar yang perlu dikuasai pekerja agar bisa mengidentifikasi kesempatan bekerja dengan penghasilan yang baik, terutama di tengah pandemi yang penuh tantangan.”
Program Learning for Life akan memfasilitasi pelatihan bagi 200 pekerja di sektor pariwisata dan hospitality, dengan fokus pelatihan pada penguasaan Bahasa Inggris serta bisnis dan akunting. Kesempatan ini akan diberikan kepada mereka yang baru saja lulus sekolah (kejuruan) dan para pekerja junior dengan masa kerja kurang dari 24 bulan yang terdampak PHK karena pandemi.
Selain memberikan pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan di industri pariwisata dan pelayanan, Diageo Indonesia and BritCham Indonesia juga merencanakan program sertifikasi ketrampilan dan peluang penempatan kerja.