Portal Lengkap Dunia Marketing

OTOMOTIF

Faktor Yang Patut Diwaspadai Ketika Nyetir Saat Musim Hujan

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Agar tetap aman dan terlindungi ketika aktivitas berkendara di musim hujan. Pengendara mobil harus mempersiapkan beberapa hal. Utamanya memperhatikan kondisi kendaraan sebelum berkendara dengan memastikan kondisi kendaraan mulai, ban, lampu, wiper dalam keadaan baik.

Selain itu, ada juga beberapa faktor yang patut Anda waspadai ketika mengendarai mobil saat hujan, yaitu:

Pertama, pengendara harus waspada saat melalui genangan air. Pasalnya, di balik genangan air tersebut dikhawatirkan adalah jalan berlubang yang membahayakan serta dapat mengganggu kinerja dan performa mobil.

Kedua, pengendara harus memperkirakan ketinggian air terhadap ambang batas mesin mobil. Bila mobil dipaksa melibas banjir yang sudah melebihi saluran masuk (intake) udara dan/atau ruang mesin, risiko paling berbahaya adalah masuknya air ke dalam ruang mesin (water hammer) yang mengakibatkan kerusakan komponen mesin.

Ketiga, pengendara juga harus mewaspadai gejala aquaplaning yang sangat besar terutama ketika melintas di jalan yang memiliki genangan air. Masalah aquaplaning terjadi di mana posisi ban tidak dapat menapak dengan permukaan aspal akibat adanya ruang di antara ban dan jalan yang terisi air dari genangan air.

Aquaplaning umumnya terjadi karena ban kehilangan daya cengkeram pada jalan dan alur ban tidak mampu mengurai air dengan baik, sehingga laju mobil berjalan melayang dan meningkatkan risiko bagi pengendara seperti kehilangan kendali dan mobil tergelincir.

Hal wajib lain yang juga perlu Anda lakukan adalah dengan memberikan perlindungan tambahan pada kendaraan kesayangan berupa asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan tidak hanya akan melindungi mobil dari kerusakan akibat kecelakaan, tetapi juga risiko kehilangan atau kerusakan mobil akibat tindakan kriminal dari pihak lain.

Pastikan asuransi kendaraan yang Anda pilih memberikan solusi perlindungan kendaraan yang paling lengkap dan tidak ribet, ekonomis dan sesuai kebutuhan, dan memberikan perluasan perlindungan kendaraan sesuai pilihan dan keinginan Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top