Portal Lengkap Dunia Marketing

OTOMOTIF

ExxonMobil Lubricants Indonesia Bidik Posisi 3 Besar di Bisnis Pelumas Indonesia

Marketing.co.id Berita Otomotif | Sejak ExxonMobil Indonesia mengakuisisi PT Federal Karyatama (PT FKT) pada tahun 2018 lalu. Pemasaran dan distribusi pelumas merek Federal Oil dipegang oleh PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI).

Sebagai produsen pelumas yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dengan menghasilkan produk berkualitas berstandar internasional. PT FKT sendiri kini difokuskan memproduksi pelumas-pelumas merek Mobil dan Federal Oil di pabriknya di Kawasan Industri Cilegon, Banten, yang berkapasitas 700 ribu barrels per tahun.

“Lewat integrasi ini PT EMLI bertekad menjadi pemain utama, dengan menargetkan di posisi nomor 3 di bisnis pelumas di Indonesia dalam 4 tahun mendatang,” ungkap Patrick Adhiatmadja Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia.

Posisi tersebut bukan target yang muluk-muluk, mengingat Federal Oil telah menjadi pemain utama pelumas untuk kendaraan roda dua. Sedangkan merek Mobil, meski belum sepopular Federal Oil, tapi sudah diterima dengan baik oleh masyarakat dan pasar Indonesia, baik di segmen roda dua maupun roda empat.

Baca juga: ExxonMobil Lubricants Kenalkan Sistem Pelumasan untuk Pembangkit Listrik ke Siswa SMK 

“Kami ingin menggapai pangsa pasar yang lebih besar dengan membawa teknologi dan produk pelumas kelas dunia ke Tanah Air,” ujar Patrick.

Saat ini PT EMLI mendukung banyak bisnis B2C dan B2B di Indonesia, tidak hanya konsumen roda dua dan roda empat, namun juga industri penting untuk pembangunan negara ini, seperti transportasi, manufaktur, pertambangan, dan energi.

PT EMLI juga telah menjangkau lebih dari 10 juta konsumen di Indonesia dengan merek Federal Oil, dan lebih dari 15 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia, dan terus berupaya melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera.

Patrick mengemukakan, upaya integrasi jaringan yang kami lakukan sejak 2018 berjalan sesuai rencana, dan memberikan dampak positif bagi efektifitas dan efisiensi waktu, biaya, serta sejumlah aktivitas operasional lainnya dalam mendistribusikan produk kami ke pasar.

Baca juga: Kunci Sukses Tiga Roda Menjadi Merek Semen Paling Top di Indonesia

“Kedepannya kami berharap dapat terus memperluas area, dan memperkuat jaringan pemasaran produk kami, sehingga memberikan dampak pada pertumbuhan pangsa pasar dan pencapaian perusahaan,” ucap dia.

Adaptasi Kebiasaan Baru

Pandemi Covid-19 berdampak terhadap banyak sektor industri di Indonesia.   PT EMLI bereaksi terhadap peluang baru dan tren konsumen yang muncul selama pandemi, dan terus berupaya melakukan penetrasi di pasar otomotif tanah air.

Hal ini terlihat dari beragam inovasi program yang dihadirkan Mobil dan Federal Oil bagi konsumen setia dan pengguna kendaraan roda empat dan roda dua, seperti pelayanan servis di rumah, program berhadiah, launching produk baru, edukasi dan seminar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna menjaga keselamatan dan keamanan berbagai pihak yang terlibat.

“Pandemi tidak menghalangi PT EMLI untuk tetap terhubung dengan konsumen Kami terus berupaya menghadirkan program-program pemasaran dengan memaksimalkan pemanfaatan media digital, yang hasilnya kami rasakan sangat positif,” pungkas Pablo Conrad, Marketing Director PT EMLI.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top